Sport
Selasa, 21 Mei 2013 - 21:15 WIB

Aduh, Para Pegulat Pelatnas SEA Games 2013 Kekurangan Suplemen Gizi

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gulat (dok)

 

Gulat.dok

Advertisement

SAMARINDA-Pelatih gulat Buyamin menuturkan, para pegulat Pelatnas SEA Games 2013 kekurangan suplemen vitamin dan gizi sebagai penunjang latihan berat yang dibutuhkan untuk memenuhi standar ketahanan fisik atlet nasional.

Buyamin mengatakan, bila suplemen penunjang vitamin dan gizi ini tidak segera dipenuhi maka imbasnya bisa merusak kondisi fisik atlet.

“Ini yang menjadi persoalan kami, karena pada awal persiapan pelatnas, sasaran dan tujuan program kami hanya terkosnentrasi pada peningkatan fisik atlet. Tapi sayangnya kucuran suplemen dari pusat belum juga diberikan, padahal kami sudah melakukan aktivitas latihan kurang lebih sepekan di Samarinda,” tutur Buyamin, Selasa (21/5/2013).

Advertisement

Penanganan fisik menjadi program prioritas pegulat yang tergabung di Pelatnas Samarinda, mengingat rata-rata pegulat yang tergabung di pelatnas belum memenuhi standar 5,5 VO2 max.

“Makanya dalam sesi latihan kami terus memberikan materi program fisik kepada semua atlet, meski sayangnya belum ada penunjang gizi yang memadai,” tutur Buyamin.

Pelatnas SEA Games cabang gulat untuk gaya grego dan bebas putra dipusatkan di komplek Stadion Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, dengan total atlet yang tergabung berjumlah 12 orang.

Advertisement

Sedangkan untuk latihan pelatnas pegulat putri dipusatkan di kota Bandung Jawa Barat, dengan jumlah atlet sebanyak enam pegulat.

Provinsi Kalimantan Timur menyumbang pegulat terbanyak dengan jumlah enam pegulat, sedangkan lainnya diisi oleh pegulat Kalsel tiga orang, DKI satu orang dan Sumbar satu orang.

Dikatakan Buyamin bahwa pelatnas di Samarinda telah dimulai sejak 12 Mei 2013, dan dijadwalkan bakal dipindah ke Jakarta pada awal Juli 2013.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif