FILM JOKOWI
Cerita Kecil dari Solo Habiskan Miliaran Rupiah

JokowiJokowi

SOLO–Proses pengambilan gambar film yang mengangkat cerita masa lalu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dipastikan telah selesai penggarapanya. Kepada Solopos.com, Unit Produksi K2K Production, Syaiful Rahman, Jumat (17/5) bersedia membagikan sedikit kisah di balik layar pembuatan filmnya.

Diceritakan Syaiful, film yang sementara diberi judul Cerita Kecil dari Solo ini tidak menggambarkan karier politik Jokowi. Film ini lebih banyak membicarakan masa lalu Jokowi yang sempat terkena penggusuran dan hingga membuat arah kebijakannya lebih humanis.

Di samping itu, lanjutnya, film ini juga banyak memberikan ruang bercerita tentang orang-orang yang banyak berjasa dibalik kisah sukses Jokowi saat ini. “Terutama keluarga dan kerabatnya,” bebernya.

Syaiful mengungkapkan sebelum memulai proses pengambilan gambar, pihaknya telah melakoni riset film yang didasarkan pada kisah nyata masa lalu mantan orang nomor satu di Solo ini. “Kami mulai riset dari Januari 2013-Maret 2013. Sumbernya dari buku, cuplikan berita, wawancara Jokowi langsung, keluarga dan orang-orang terdekat di sekitarnya,” katanya.

Untuk mendukung riset cerita, tim produksi K2K Production juga sempat mendatangi Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiatjo. Tim juga mendatangi sejumlah tetangga Jokowi di tempat yang pernah ia tinggali.

Selesai tahapan riset dan penulisan naskah, Syaiful mengutarakan pihaknya segera mengadakan pemilihan pemain. “Untuk pemilihan pemain kami utamakan karakter pemain lokal. Kita ingin mengangkat karakter asli orang Solo. Jadi keaslian yang diutamakan. Kami tidak banyak memakai bintang yang ngetop. Salah satunya Prisia Nasution [pemeran istri Jokowi],” terangnya.

Sedangkan tahapan pengambilan gambar, Syaiful mengatakan film yang produksinya dipercayakan penggarapannya kepada sutradara Azhar Kinoi Lubis ini, mengambil lokasi pengambilan gambar di Solo dan Jogja.

“Proses shooting total ada 98 scene. Untuk pengambilan gambar di Solo dilaksanakan selama enam hari. Sisanya di Jogja dan lokasi lain. Sekarang sudah memasuki tahap pascaproduksi,” tuturnya.

Disinggung mengenai persetujuan Jokowi pada penayangan film yang menceritakan kisah hidupnya, Syaiful tidak memberikan jawabnya dengan pasti. “Kami sudah ngobrol-ngobrol banyak dengan Jokowi. Kalau memang tidak diperbolehkan, pasti dari awal beliau tidak mau kami wawancarai untuk kepentingan riset film ini,” katanya.

Ketika didesak seputar izin tertulis dan besaran anggaran yang dikeluarkan untuk produksi filmnya, Syaiful juga enggan membeberkannya. “Kalau itu urusan produser kami. Kalau duitnya [produksi] yang pasti sampai miliaran,” ungkapnya.

Rencananya film Cerita Kecil dari Solo ini bakal tayang perdana di Jakarta pada Juni 2013 mendatang. Sejumlah tokoh yang diundang dalam premierre film ini antara lain Jokowi, Megawati dan semua pemeran yang terlibat dalam pembuatan film ini.

Editor: | dalam: Solo |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »