News
Jumat, 17 Mei 2013 - 17:42 WIB

TERDUGA TERORIS SOLO : Sehari Sebelum Ditangkap, Ibrahim Terima Transfer Rp80 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil Isuzu Elf bernomor polisi AD 1283 LD keluar dari mako Brimob Gondowulung, Bantul, DI. Yogyakarta dengan mendapat kawalan kendaraan Ranger polisi dengan sirine menyala membuka jalan menuju Ring Road Selatan dan melaju ke arah barat, Jumat (17/5/2013). Ada dugaan bahwa mobil tersebut membawa tiga terduga teroris hasil penggerebekan di Solo Jawa Tengah untuk keluar dari Mako Brimob Gondowulung yang akan membawa ketiganya menuju ke Jakarta. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Mobil Isuzu Elf bernomor polisi AD 1283 LD keluar dari mako Brimob Gondowulung, Bantul, DI. Yogyakarta dengan mendapat kawalan kendaraan Ranger polisi dengan sirine menyala membuka jalan menuju Ring Road Selatan dan melaju ke arah barat, Jumat (17/5/2013). Ada dugaan bahwa mobil tersebut membawa tiga terduga teroris hasil penggerebekan di Solo Jawa Tengah untuk keluar dari Mako Brimob Gondowulung yang akan membawa ketiganya menuju ke Jakarta. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

SOLO — Salah satu jaringan terduga teroris, Ibrahim Sungkar, diketahui mendapat kiriman dana senilai Rp80 juta yang diambil olehnya sehari sebelum tertangkap oleh tim Detasemen Khusus (Densus) 88, Kamis (16/5/2013), di Solo. Sementara itu hingga Jumat (17/5/2013), Jajaran Polresta Solo belum mengetahui alamat satu terduga teroris, David, yang ditangkap dalam hari yang sama dengan penangkapan Ibrahim.

Advertisement

Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in melalui Kasubag Humas Polresta Solo, AKP Sis Raniwati kembali menegaskan pihaknya bersifat membantu Densus 88 dalam penangkapan dan penggeledahan barang terduga teroris itu.

“Kita sifatnya membantu. [David] belum diketahui alamatnya,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat siang.

Sementara berdasarkan informasi yang diterima dari sejumlah sumber, petugas menemukan bukti penerimaan dana. Dana tersebut senilai Rp80 juta tertuju ke rekening BCA Ibrahim.

Advertisement

“Uang itu langsung ditarik [diambil] Ibrahim sehari sebelum dia ditangkap,” terang sumber terpercaya Solopos.com dari lingkungan kepolisian Kota Solo.

Belum diterangkan dari pihak mana pengirim dan untuk apa dana itu dikirim kepada Ibrahim. Namun sumber tersebut memasatikan mutasi dana via rekening itu terlihat dari buku tabungan yang ditemukan petugas dari penggeledahan di Solo, Kamis. Diketahui, penggeledahan itu dilakukan di lingkungan rumah Ibrahim di Losari RT 005/TW 003, Semanggi, Pasar Kliwon Solo.

Sebelumnya, Densus menemukan bahan dasar pembuatan bahan peledak, potasium, di pekarangan belakang rumah Ibrahim. Barang yang ditaruh dalam ember cat itu dikubur di dalam tanah berjarak sekitar 50 meter dari rumah Ibrahim.

Advertisement

Selain itu, belasan senjata tajam ditemukan. Petugas pun menemukan empat baterai handphone. Salah satu baterai tersebut telah dililiti kabel membentuk sebuah rangkaian.

Sejumlah dokumen penting pun diketahui berserakan di kandang kambing Ibrahim. Di antaranya adalah akte dan ijazah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif