Sport
Jumat, 17 Mei 2013 - 18:41 WIB

JELANG PIALA SUDIRMAN 2013 : Fokus Ladeni India

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Loo Piala Sudirman 2013. dokJIBI/SOLOPOS

Loo Piala Sudirman 2013. dokJIBI/SOLOPOS

KUALA LUMPUR—Tim bulu tangkis Indonesia mulai menjajal arena pertandingan Piala Sudirman 2013 di Stadium Putra, kompleks olahraga Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (17/5/2013). Tomy Sugiarto dkk diminta lebih fokus saat terjun di turnamen beregu dua tahunan ini.

Advertisement

Selama kurang lebih dua jam, para pemain berlatih di tiga lapangan yang disediakan panitia. Setiap tim hanya mendapatkan satu kesempatan berlatih di arena pertandingan. Oleh karenanya, tim Indonesia benar-benar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Cuaca di Kuala Lumpur sedang tidak menentu, kadang bisa panas sekali, tiba-tiba hujan deras. Saya minta seluruh pemain untuk jaga kesehatan dan tetap fit,” urai manajer tim Indonesia, Rexy Mainaky, dilansir badmintonindonesia.org, Jumat.

Advertisement

“Cuaca di Kuala Lumpur sedang tidak menentu, kadang bisa panas sekali, tiba-tiba hujan deras. Saya minta seluruh pemain untuk jaga kesehatan dan tetap fit,” urai manajer tim Indonesia, Rexy Mainaky, dilansir badmintonindonesia.org, Jumat.

Tim Garuda berkonsentrasi mentapa laga pembuka di Grup A melawan India, Senin (20/5/2013). Rexy menegaskan absennya pebulu tangkis tunggal putri nomor dua dunia Saina Nehwal membela India di Piala Sudirman 2013, tidak akan membuat timnya menurunkan kosentrasi.

“Tentunya peluang tim Indonesia menjadi sedikit lebih besar dengan absennya Saina. Akan tetapi kami tidak mau terpengaruh dengan hal ini dan tetap menjaga fokus tim. Kami siap mau melawan siapapun,” lanjut peraih medali emas Olimpiade Atlanta itu.

Advertisement

“Tapi ingat, walaupun Saina tidak datang, India masih punya Sindhu yang prestasinya mulai menanjak. Sindhu juga harus kami waspadai,” tambah Rexy.

Indonesia punya tiga pemain tunggal putri diharapkan mampu mematahkan perlawanan Sindhu yang masih berusia 17 tahun. Mereka adalah Linda Wenifanetri, Aprilia Yuswandari dan Bellaetrix Manuputty. Ketiganya pun mengaku siap jika diturunkan melawan Sindhu.

“Peluang Indonesia jadi lebih terbuka untuk mencuri poin di tunggal putri. Saina lebih sulit dikalahkan, dia lebih berpengalaman dan lebih matang. Jika diturunkan, saya siap. Saya sudah tahu pola permainan dia seperti apa. Tapi siapapun lawannya, pokoknya fight terus!” ujar Linda.

Advertisement

Kemenangan atas India menjadi harga mati bagi Indonesia jika ingin lolos ke perempat final. Sebab, Tim Garuda diprediksi akan kesulitan untuk menggempur juara bertahan China, yang menjadi lawan lain mereka di Grup A. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Skuat di Piala Sudirman 2013
Indonesia Vs    India
Tunggal Putra
Tommy Sugiarto (20)        Vs        P Kashyap (11)
Dionysius Hayom Rumbaka (28)            Anand Pawar (43)

Tunggal Putri
Linda Wenifanetri (15)    Vs    PV Shindu (13)
Aprilia Yuswandari (22)
Bellaetrix Manuputty (34)

Advertisement

Ganda Putra
Angga Pratama/Rian Agung Saputro    (10)    Vs    Akshay Dewalkar/Pranaav Chopra (36)
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan    (13)         Tarun Kona/ Arun Vishnu (38)

Ganda Putri
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari    Vs    Ashwini Ponnappa/ Pradnya Gadre (50)
Tiara Rosalia Nuraidah/Gebby Ristiyani (17)    Aparna Balan/ Sikki Reddy (53)
Meiliana Jauhari/ Greysia Polii

Ganda Campuran
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (2)        Vs    Kona/Ponnappa (31)
Muhammad Rijal/Debby Susanto (8)            Vishnu/Balan (50)
Fran Kurniawan/Debby Susanto/Liliyana Natsir

Ket: (…) ranking dunia menurut BWF.
Sumber: bwfbadminton.org. (hkt/JIBI)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif