Logo Pilgub Jateng Logo Pilgub Jateng
Selasa, 14 Mei 2013 20:56 WIB Rini Yustiningsih/JIBI/SOLOPOS Politik Share :

PILGUB JAWA TENGAH
Debat Cagub, Ganjar-Heru Kalahkan BISSA & HP-Don

Logo Pilgub Jateng

SOLO– Debat cagub-cawagub Jateng putaran II, Selasa (14/5/2013) malam di Kampus Undip Tembalang, Semarang disiarkan langsung Kompas TV.

Dalam debat sesi III, yakni menjawab pertanyaan cepat seputar Jawa Tengah. Pasangan no urut 3 Ganjar-Heru (Gagah) mengalahkan poin pasangan no urut 1, HP-Don  dan pasangan no 2 Bibit-Sudidjono (Bissa).

Gagah mengumpulkan poin 600, sedangkan HP-Don 500 dan Bissa poin 400.

Sedikitnya ada 15 pernyataan seputar Jateng diajukan kepada Cagub-Cawagub. Masing-masing pasangan kemudian saling berebut untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Ada kendala teknis sebelumnya karena bel di meja pasangan Bissa tidak menyala, sehingga akhirnya diputuskan perebutan jawaban dilakukan dengan cara mengangkat tangan.

Pada pertanyaan satu hingga empat pertanyaan pasangan Bissa unggul. Bibit menjawab pertanyaan satu sampai empat. Beberapa pertanyaan yang  berhasil dijawab Bissa antara lain, sebutan Kota Batik di Jateng, yang dijawab Bibit dengan Pekalongan. Nama Bandara di Cilacap disebutnya Tunggul Ulung, Kerajaan Islam pertama di Indonesia untuk Demak dan pencipta Walang Kekek yakni Waljinah.

Sementara Gagah berhasil menjawab untuk pertanyaan Gubernur Jateng yang jadi Mendagri yakni Mardiyanto, kota khas telur asin untuk Brebes, pencipta lagu Bangun Desa yakni Ki Narto Sabdo, nama kampung di Cilacap yang jadi restoran di Semarang untuk Kampung Laut, kuliner khas nasi gandul yakni Pati dan wayang khas daerah Gombong untuk jawaban wayang dalang Jemblung.

Sementara untuk pasangan HP-Don berhasil menjawab angka UMK Semarang, makan RA Kartini untuk jawaban Mantingan, Rembang, pembangunan candi Prambanan oleh Dinasti Syailendra abad ke-9 dan mantan gubernur Jateng pencetus PKK yakni Supardjo Rustam.

lowongan kerja
lowongan kerja YAYASAN AL-ABIDIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…