News
Minggu, 12 Mei 2013 - 15:21 WIB

KA BABARANJANG Terguling di Lampung Berhasil Dievakuasi, Perjalanan Lancar Lagi

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KA pengangkut batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) (kasumsel.blogspot.com)

KA pengangkut batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) (kasumsel.blogspot.com)

PALEMBANG – Perjalanan kereta api penumpang dari Stasiun Kertapati tujuan Tanjung Karang, mulai normal setelah kereta api Babaranjang yang anjlok di dekat stasiun Blambangan Umpu, Lampung, Sabtu (11/5/2013) hingga Minggu pukul 08.00 WIB, berhasil dievakuasi.
Advertisement

Pada Sabtu kereta api (KA) Limek Sriwijaya dari Kertapati tujuan Tanjung Karang dan sebaliknya sementara dihentikan beroperasi, sehingga para penumpang terpaksa batal berangkat akibat KA batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) anjlok, namun mulai hari ini perjalanan KA penumpang sudah normal kembali, kata Kepala Humas PT KAI Divre III Sumsel Jaka Jarkasih di Palembang, Minggu. Menurut dia, Minggu pagi KA Ekspres Rajabasa dari stasiun Kertapati tujuan Tanjung Karang sudah bisa diberangkatkan, karena proses evakuasi rangkaian KA babaranjang telah selesai.

KA Babaranjang dengan rangkaian 60 unit gerbong sarat muatan batu bara dari Tanjung Enim tujuan Tarahan, Lampung itu 15 unit gerbong di antaranya anjlok Sabtu (11/5/2013) di KM 149 dekat Stasiun Blambangan Negeri Agung Provinsi Lampung sekitar pukul 18.30 WIB. Menurut dia, sejak KA Babaranjang itu anjlok tadi malam proses evakuasi terus dilakukan supaya perjalanan semua kereta api baik penumpang maupun barang tidak terganggu. Berkat kerja keras para petugas, evakuasi dapat dilakukan dan menurut informasi di lapangan, lintasan di dekat stasiun Blambangan tersebut bisa dibersihkan, sehingga perjalanan KA pagi ini sudah bisa dilakukan, katanya.

Mengenai penyebab KA anjlok dan jumlah kerugian, menurut dia, belum bisa diketahui, karena sekarang ini tim khusus sedang melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. “Yang jelas setelah dilakukan proses evakuasi rangkaian Babaranjang anjlok, lintasan tersebut sudah bisa dilalui kembali oleh kereta api baik dari Kertapati maupun arah Tanjung Karang,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif