Lifestyle
Selasa, 7 Mei 2013 - 06:16 WIB

Delima, Buah Super Pencegah Kanker Payudara dan Prostat

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Delima (anaraincho.com)

Delima (Thinkstock)

JAKARTA–Buah bernama binomial punica granatum ini memang dikenal kaya nutrisi. Tiap butirnya yang segar mengandung antioksidan, vitamin C, folat, juga serat dan vitamin K. Sederetan nutrisi ini bermanfaat untuk mencegah kanker payudara dan kanker prostat.

Advertisement

Delima seringkali dinikmati langsung, dengan mengunyah bijiannya yang manis segar. Ada juga yang mengolahnya menjadi jus, bahkan dijadikan campuran dalam makanan. Berikut manfaat dari buah yang manis segar ini, seperti dilansir dari Health Diaries.

1. Cegah Kanker Prostat
Dalam sebuah penelitian yang dirilis Harvard Men’s Health Watch, diungkapkan jika delima bisa mencegah kanker prostat. Ekstrak buah delima bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, juga bisa menghambat pertumbuhan tumor dalam tubuh.

2. Tingkatkan Imunitas
Delima mengandung serat yang bermanfaat, sekitar 4 gram tiap 100 gram buah. Serat ini sangat baik untuk menunjang kesehatan sistem cerna tubuh, serta untuk kesehatan usus. Buah ini banyak direkomendasikan oleh ahli nutrisi untuk mereka yang ingin menurunkan bobot tubuh sekaligus mengontrol kolesterol.

Advertisement

3. Cegah Kanker Payudara dan Paru-paru
Sebuah penelitian di Israel menunjukkan jika jus delima bisa menghambat perkembangan sekaligus mencegah pembentukan sel-sel kanker payudara. Penelitian terhadap tikus juga menunjukkan jika jus delima bisa mengurangi resiko berkembangnya sel kanker paru-paru.

4. Turunkan Kolesterol dan Tekanan Darah
Delima juga bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan HDL atau kolesterol yang baik dalam tubuh. Sebuah studi juga mengungkap jika minum 50 ml jus delima setiap harinya bisa menurunkan tekanan darah sekitar 5 persen.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif