UN SD 2013 : Jawaban UN SD Dikoreksi Mandiri

Senin, 06/5/2013

SUKOHARJO — Pihak Dinas Pendidikan (DIsdik) Sukoharjo akan menyiapkan sejumlah petugas untuk kerja lembur mengoreksi jawaban ujian nasional (UN) SD. Hal itu dilakukan lantaran pengoreksian UN khusus SD dilakukan secara mandiri oleh dinas terkait di masing-masing daerah.

Kabid SD/MI Disdik Sukoharjo, Mulyadi, mengatakan semua siswa peserta UN SD membubuhkan jawaban soal pada lembar jawab komputer (LJK). Sistem tersebut sama dengan pengerjaan soal dengan UN SMP/SMA/SMK. Namun yang membedakan UN SD dengan UN SMP/SMA/SMK, sambung Mulyadi, yakni pengoreksian jawaban untuk UN SD dilakukan di Disdik Sukoharjo. Sedangkan pengoreksian jawaban UN SMP/SMA/SMK, dilakukan oleh Disdik Disdik Provinsi Jateng.

“Jadi setelah UN, pihak sekolah langsung mengirim LJK ke Disdik Sukoharjo dan akan langsung dikoreksi oleh tim Disdik Sukoharjo. Setelah hasilnya keluar, baru kami kirimkan ke Disdik Jateng di Semarang,” ujar Mulyadi saat ditemui wartawan di sela-sela pantauan UN di SDN 2 Kemasan, Kecamatan Polokarto, Senin (6/5/2013).

Ia mengatakan, kendati koreksi dilakukan oleh tim internal, pihaknya menjamin tidak akan ada kecurangan. Nilai siswa yang keluar, kata dia, adalah murni sesuai dengan lembar jawab yang telah dikerjakan oleh peserta ujian. Agar pelaksanaan pengoreksian berlangsung transparan, pihaknya menyiagakan sejumlah petugas untuk mengerjakan pengoreksian menggunakan komputer, di dalam satu ruangan.

Sementara itu, Kepala SDN 2 Kemasan, Rujiman, mengatakan siswa yang mengikuti UN sebanyak 33 siswa. Pihaknya optimistis 100 persen siswanya bisa lulus, sebab Sebelumnya pihak sekolah sudah membekali para peserta UN dengan berbagai latihan soal UN dan try out. Dari hasil latihan itu, sambung Rajiman, hasilnya sangat memuaskan.