Soloraya
Minggu, 5 Mei 2013 - 21:38 WIB

PEMILU LEGISLATIF 2014 : Parpol Ramai-Ramai Tambah Caleg

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI–Persaingan dalam Pemilu Legislatif 2014 dipastikan bakal makin sengit. Pasalnya, sejumlah partai politik (parpol) peserta yang sebelumnya tidak memaksimalkan jumlah calon anggota legislatif (caleg) yang didaftarkan, kini ramai-ramai menambah caleg.

Besar kemungkinan jumlah caleg di Wonogiri melebihi 384 orang. Hal itu seperti dilakukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wonogiri yang berniat menambah 14 caleg dalam bursa pendaftara caleg, dari semula 16 caleg menjadi 30 caleg.

Advertisement

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Wonogiri, Sumarwoto Umar, mengatakan sudah ada beberapa nama baru yang berniat mendaftar caleg melalui PKB. Mereka terdiri atas kader internal parpol tersebut dan ada pula kalangan eksternal.

“Semula kan kita 16 caleg, lalu dengan ada masa perbaikan 9-22 Mei, ternyata banyak yang berminat. Kami targetkan total PKB mendaftarkan 30 caleg,” beber Umar, saat dihubungi Solopos.com, akhir pekan kemarin.

Para peminat, menurutnya, memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda. Ada yang pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) di Badan Pertanahan Nasional (BPN), mantan jaksa dan ada pula mantan hakim. Menurut Umar, apapun latar belakang orang yang menginginkan mendaftar sebagai caleg lewat PKB bisa diterima sepanjang memenuhi syarat. Syarat dimaksud di antaranya harus mematuhi aturan parpol dan tidak tersangkut kasus kriminal.

Advertisement

Sejauh ini, Umar mengakui jumlah nama baru yang berpeluang dicalonkan tersebut memang belum mencapai target 14 orang. Namun, mengingat waktu yang masih longgar, dia optimistis target itu bisa dipenuhi. Lebih jauh, dia menegaskan PKB tidak akan gegabah menetapkan caleg.

“Yang pasti mereka harus mau memenuhi visi misi parpol lalu bisa memenuhi syarat yang ditetapkan KPU [Komisi Pemilihan Umum]. Tentu kami tidak asal ambil,” ujarnya.

6 Parpol

Advertisement

Sementara itu, Partai Bulan Bintang (PBB) juga menginginkan menambah caleg yang sebelumnya hanya empat orang. Sekretaris DPC PBB Wonogiri, Ngadino Muhammad Amin, mengungkapkan sesuai komitmen pihaknya, PBB akan memberi kesempatan bagi semua kalangan masyarakat untuk maju sebagai caleg PBB. Namun, berbeda dengan PKB yang sudah menetapkan tambahan caleg, PBB masih melihat perkembangan.

“Yang jelas kami sudah yakin dulu karena empat caleg yang kami daftarkan sebelumnya semua dinyatakan berkasnya lengkap alias memenuhi syarat,” kata Amin.

Dia menambahkan pendaftaran caleg di PBB akan dibuka sampai mendekati hari terakhir pengumpulan perbaikan berkas yakni 22 Mei. Untuk itu, dia mengimbau tokoh atau masyarakat yang berniat menjadi wakil rakyat dan belum mendapat “kendaraan” segera menyampaikan berkas mereka ke sekretariat PBB.

Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo, menegaskan peluang menambah caleg bagi parpol peserta Pemilu 2014 yang belum mendaftarkan maksimal 45 caleg terbuka lebar sampai hari terakhir perbaikan berkas. Berdasarkan data KPU, dari 12 parpol ada enam parpol yang masih berpeluang menambah jumlah caleg. Enam parpol tersebut adalah Partai Demokrat (43 caleg), PKB (16 caleg), PPP (41 caleg), Hanura (5 caleg), PBB (4 caleg) dan PKPI (5 caleg).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif