Soloraya
Sabtu, 4 Mei 2013 - 17:09 WIB

UN SD 2013 : Pitbull pun Disiapkan Amankan Naskah UN

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anjing pitbull berusia 20 bulan disiapkan menjaga gudang penyimpanan naskah soal UN di UPTD Pendidikan Klaten Tengah, Sabtu (4/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)

Anjing pitbull berusia 20 bulan disiapkan menjaga gudang penyimpanan naskah soal UN di UPTD Pendidikan Klaten Tengah, Sabtu (4/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)

KLATEN — Ada beragam cara dilakukan dalam pengamanan naskah soal ujian nasional (UN) dari isu kebocoran. Meski pada 2013 ini, naskah UN sudah menggunakan sistem barcode untuk melindungi dari kemungkinan bocornya soal serta variasi soal.

Advertisement

Tetapi penyelenggara UN di tingkat kabupaten/kota juga masih mengandalkan pengamanan dari aparat keamanan setempat untuk mengamankan naskah saat tersimpan di gudang di rayon maupun subrayon.

Namun, panitia di UPTD Pendidikan Kecamatan Klaten Tengah memiliki cara unik untuk pengamanan. Yakni, mengandalkan anjing pitbull untuk menjaga naskah UN. Anjing yang memiliki karakter agresif, tangguh dan berani. Tampangnya memang sedikit menyeramkan. Tak heran, banyak warga yang memeliharanya untuk menjaga rumah atau pertokoan guna mengantisipasi aksi pencurian. Saat anjing ini menggonggong, suara menggelegar sehingga diharapkan menciutkan nyali pencuri.

“Sudah dua tahun ini kami memberdayakan anjing ini untuk membantu menjaga naskah UN SD. Memang ada petugas polisi yang ikut berjaga. Namun keberadaan anjing itu membuat polisi dan rekan-rekan merasa terbantu,” terang Pengawas TK dan SD Kecamatan Klaten Tengah, Budiyono, saat ditemui Solopos.com di Kantor UPTD Pendidikan Klaten Tengah, Sabtu (4/5/2013).

Advertisement

Anjing pitbull tersebut milik dari salah satu pengawas UN di Kecamatan Klaten Tengah, Joko Sutoto. Kebetulan setiap malam dia bertugas untuk menjaga naskah UN di UPTD Pendidikan Klaten Tengah.

“Usia anjing ini 20 bulan. Beratnya sekitar 50 kg. Sedikit agresif tapi sebenarnya sudah terlatih untuk menuruti perintah pemiliknya,” paparnya Joko.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif