PILKADES BOYOLALI
Pilkades Dlingo Dipastikan Pekan Depan Kembali Diulang

BOYOLALI – Meskipun belum menyebutkan waktu dan tempat pelaksanaan, panitia pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Dlingo, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, memastikan pilkades akan kembali diulang. Pelaksanaannya direncanakan pekan depan, sebelum 18 Mei 2013.

Ketua panitia pilkades Desa Dlingo, Darmaji, mengemukakan penyelenggaraan pilkades ulang tersebut sesuai ketentuan dalam Peraturan Daerah (Perda) No 11/2006 (yang sudah direvisi dengan Perda No 22/2006), maupun Peraturan Bupati (Perbup) No 37/2006 (yang sudah direvisi dengan Perda No 55/2012) tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

“Kami belum bisa menyebutkan tanggalnya karena masih akan dirapatkan lebih lanjut dengan perangkat desa dan pihak terkait. Mungkin Selasa (7/5/2013) besok sudah ada keputusannya. Yang jelas kami selaku panitia melaksanakan sesuai ketentuan Perda dan Perbup, yang menyebutkan jika belum ada calon kades terpilih sesuai persyaratan perolehan suara, pilkades harus diulang dalam jangka waktu 30 hari setelah pilkades sebelumnya. Jadi targetnya sebelum 18 Mei nanti, pilkades sudah harus dilaksanakan,” ujar Darmaji ketika dihubungi Solopos.com melalui ponselnya, Sabtu (4/5/2013).

Darmaji mengungkapkan kemungkinan biaya penyelenggaraan pilkades ulang kali ini akan sedikit lebih besar dibandingkan pilkades ulang sebelumnya. Sebab pihaknya mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya honor yang diterima panitia minim dan tidak sebanding dengan kinerjanya.

“Ya sudah ada pertimbangan biaya, kemungkinan akan dianggarkan lebih besar dibanding pilkades ulang sebelumnya. Ada beberapa pertimbangan di antaranya kerja panitia yang berat, bahkan pekerjaan tidak bisa selesai dalam sehari. Contohnya saat pilkades ulang kemarin, honor yang diterima rata-rata hanya Rp100.000. itu tidak sebanding dengan tugas-tugas yang diemban masing-masing panitia,” ungkapnya.

Saat pilkades pertama, tersedia dana sekitar Rp37,5 juta untuk penyelenggaraannya. Salah satunya ada bantuan dana dari Pemkab Boyolali. Sementara untuk pilkades ulang 18 April lalu, pihaknya menganggarkan Rp20 juta. Kali ini, pihaknya berharap bisa dianggarkan dana lebih dari Rp20 juta. Untuk penyelenggaraan pilkades ulang, imbuh dia, dana hanya bersumber dari kas desa dan calon kades.

“Sesuai aturannya seperti itu. Bantuan dari Pemkab hanya satu kali saat pilkades pertama. Sedangkan untuk pilkades ulang, sesuai ketentuan bersumber dari desa dan calon kades. Tapi terkait hal itu, akan kami rapatkan lebih lanjut,” tambahnya.

Editor: | dalam: Boyolali |

8 Komentar pada “PILKADES BOYOLALI : Pilkades Dlingo Dipastikan Pekan Depan Kembali Diulang”

  1. pakde dharma
    6 Mei 2013 pukul 08:35

    Dalam hal pilkades Desa Dlingo, hanya ada dua kemungkinan. 1. Pemkab tidak tanggap atau pura2 tidak mengerti masalah yng terjadi di lapangan. 2. Adanya partai penguasa pengusung cakades yang takut kehilangan calonya. Bagi saya, perda atau perbub mestinya ditinjau kembali…. mosok sdh 2X pilihan dimenangkan kotak kosong masih dipaksakan untuk milih calon yang sama, ini namanya pemaksaan dan melanggar hukum. Himbaun saya bagi warga dlingo bisa cari bantuan ke LBH untuk mempermasalahkan hal ini. HIDUP KOTAK KOSOSNG !!!!!!!

  2. lek paijo
    8 Mei 2013 pukul 04:08

    HIDUP KOTAK KOSONG………

  3. Freddy
    8 Mei 2013 pukul 14:23

    Uang berkuasa, siapa banyak uang dialah yang menang….

  4. Ryn
    8 Mei 2013 pukul 21:31

    Kasian orang2 yg Hanya diperbudak Uang,…!!!

  5. lek paijo
    9 Mei 2013 pukul 06:41

    warga pengin ganti pemimpinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  6. cah ayu
    10 Mei 2013 pukul 23:24

    daripada uang di habiskan buat pilkades ulang ulang ulang dan ulang mending dinggo ndandani dalan ben ngleyer…..HIIDUP KOTAK KOSONG….

  7. arya
    12 Mei 2013 pukul 16:49

    kasihan……..tlg dibantu pak cakades

  8. 17 Mei 2013 pukul 08:34

    menyikapi polemik pilkades dlingo agar warga masyarakat hidup aman dan nyaman adalah semua pihak beretikat baik dengan mengutamakan kebesaran jiwa dan berjiwa kenegaraan yang tinggi demi masyarakat dlingo.

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »