Soloraya
Kamis, 2 Mei 2013 - 21:01 WIB

RAILBUS : Pengoperasian Railbus Terkendala Dana PSO

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Railbus Batara Kresna (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) belum bisa memastikan kapan pengoperasionalan Railbus Bathara Kresna. Pasalnya, hingga kini pencairan dana Public Service Obligation (PSO) masih tertahan di Kementerian Perhubungan  (Kemenhub).

Advertisement

Pejabat Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Jogja, Sri Winarto, mengatakan pihaknya masih menunggu pencairan dana PSO dari Kemenhub yang seharusnya cair pada Mei.

“Dana PSO itu kan subsidi buat rakya untuk pengoperasian railbus,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis (2/5/2013).

Lebih lanjut, dia mengatakan jika sewaktu-waaktu dana turun pihaknya telah siap untuk mengopersikan railbus. Apalagi, sejumlah sarana prasarana seperti jalur rel kereta api telah selesai diperbaiki beberapa waktu lalu. Menurtunya, jika dana PSO tak kunjung diberikan kepada masyarakat pihaknya khawatir usaha perbaikan jalur kereta dari Sukoharjo hingga Wonogiri menjadi sia-sia. Perbaikan jalur yang dilaksanakan petugas teknis dari satuan kerja (satker) Dirjen Perkeretaapian Kemenhub itu telah selesai sebulan lalu.

Advertisement

“Menurut informasi perbaikannya sudah selesai tapi berita acara serah terima operasi (BASTO) belum ada,” ungkapnya.

Menurutnya, kereta tujuan Purwosari-Wonogiri tersebut bakal beroperasional dua kali pulang-pergi (pp), artinya empat perjalanan setiap hari. Pihaknya juga telah menyiapkan jadwal keberangkatan kereta tersebut. Bahkan, setiap hari pihaknya melakukan perawatan kepada kereta dengan cara memanasi dan mengecek kondisi kereta.

Jika dalam kurun waktu tertentu dana tak kunjung cair dan kemungkinan kereta tidak jadi dioperasionalkan, pihaknya akan mengembalikan kereta kepada Dirjen PT KAI.

Advertisement

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajad, membenarkan perihal belum cairnya dana dari Kemenhub. Pihaknya menilai masalah cair atau tidaknya dana, tergantung dari pengajuan PT KAI. Saat ini, pemerintah pusat melalui Kemenhub telah menyediakan dana PSO untuk operasional railbus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif