BAYI KURANG GIZI
Anak Anda Sehat? Perhatikan Ciri Ciri Ini...

Ilustrasi (reuters)Ilustrasi (reuters)

Asupan gizi pada anak terutama balita sangat penting. Selain menopang aktivitas si anak, gizi anak akan sangat menentukan kondisi daya tahan tubuh dan  kesehatan si anak selanjutnya.

Ciri-ciri Anak kurang gizi:
1. Kurang Energi Protein Ringan :
Dalam tahap ini, ciri ciri penderita belum tampak jelas. Yang paling jelas adalah berat badan turun 20% dari berat badan normal sesuai usia.
2. Kurang Energi Protein Sedang :
Berat badan akan turun sekitar 30% persen dari berat normal. Selain penurunan berat badan, tanda lain yang umum terlihat yaitu wajah pucat, rambut kemerahan.
3. Kurang Energi Protein Berat :
Terbagi menjadi 2 yakni, kurang sekali (marasmus) dan kwashiorkor.
Marasmus ditandai dengan penurunan berat badan anak hingga 40% persen dari berat normal. Sementara itu, kwashiorkor ditandai dengan penurunan berat badan, pembengkakan kaki, rambut memerah dan mudah dicabut, mata rabun dan kornea kering dan kadang terdapat borok.
Biasanya penderita diikuti gejala tekanan darah rendah atau anemia, infeksi, diare yang sering terjadi, kulit mengerak dan pecah sehingga keluar cairan dan pecah-pecah di bagian sudut bibir.

Kekurangan gizi pada balita  bisa dihindari dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan serta memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi anak.

(berbagai sumber)

Editor: | dalam: Kesehatan |
Menarik Juga »