Lifestyle
Minggu, 28 April 2013 - 19:30 WIB

TIPS HIDUP BAHAGIA : Cara Mudah Tenangkan Pikiran

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA—Pikiran yang tidak tenang, khawatir, takut, dan kurangnya fokus bisa disebabkan banyak hal. Perasaan seperti itu pada akhirnya akan membuat Anda kurang konsentrasi dan tidak mampu berpikir jernih.

Advertisement

Saat ini terjadi, cobalah beberapa cara sederhana berikut ini untuk menenangkan pikiran.

Luangkan waktu untuk hobi

Advertisement

Luangkan waktu untuk hobi

Kerjakan sesuatu yang Anda sukai, seperti hobi membaca, mendengarkan musik favorit, pergi berjalan-jalan ke pantai, fotografi, dan lain sebagainya.

Pergilah menyendiri

Advertisement

Gunakan kata-kata positif

Perkataan secara tak langsung mempengaruhi alam bawah sadar, perilaku, dan perasaan. Karena itu, biasakanlah menggunakan kata-kata dan kalimat positif, baik saat berbicara dengan orang lain maupun saat melakukan introspeksi diri. Kebiasaan ini dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus mengarahkan pikiran Anda ke arah yang lebih positif.

Atur napas

Advertisement

Lakukan latihan napas saat pikiran Anda mulai terasa tidak tenang. Cobalah lakukan pernapasan teratur sambil menenangkan diri selama kira-kira 30 menit. Lakukan berulang kali setiap kali Anda merasa cemas atau ketakutan.

Gerakkan tubuh

Olahraga tidak hanya baik bagi kebugaran, tapi juga kesehatan pikiran Anda. Dengan rutin menggerakkan tubuh, Anda pun akan merasa lebih segar, fokus, dan rileks.

Advertisement

Nikmati alam

Melihat pemandangan alam, pohon, sungai, laut, dan langit merupakan cara lain untuk mendapatkan rileksasi. Jika Anda bosan dengan pemandangan kota dan gedung bertingkat, cobalah cari lokasi dengan suasana alam yang menenangkan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif