Ilustrasi Ilustrasi
Minggu, 28 April 2013 19:30 WIB Andhina Wulandari/JIBI/Kabar24 Relation Share :

TIPS HIDUP BAHAGIA
Cara Mudah Tenangkan Pikiran

Ilustrasi

JAKARTA—Pikiran yang tidak tenang, khawatir, takut, dan kurangnya fokus bisa disebabkan banyak hal. Perasaan seperti itu pada akhirnya akan membuat Anda kurang konsentrasi dan tidak mampu berpikir jernih.

Saat ini terjadi, cobalah beberapa cara sederhana berikut ini untuk menenangkan pikiran.

Luangkan waktu untuk hobi

Kerjakan sesuatu yang Anda sukai, seperti hobi membaca, mendengarkan musik favorit, pergi berjalan-jalan ke pantai, fotografi, dan lain sebagainya.

Pergilah menyendiri

Untuk bisa merilekskan tubuh dan pikiran, sebenarnya Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Cobalah pergi menyendiri, lakukan meditasi atau kegiatan yang menenangkan, seperti yoga atau berjalan-jalan di tempat tenang.

Gunakan kata-kata positif

Perkataan secara tak langsung mempengaruhi alam bawah sadar, perilaku, dan perasaan. Karena itu, biasakanlah menggunakan kata-kata dan kalimat positif, baik saat berbicara dengan orang lain maupun saat melakukan introspeksi diri. Kebiasaan ini dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus mengarahkan pikiran Anda ke arah yang lebih positif.

Atur napas

Lakukan latihan napas saat pikiran Anda mulai terasa tidak tenang. Cobalah lakukan pernapasan teratur sambil menenangkan diri selama kira-kira 30 menit. Lakukan berulang kali setiap kali Anda merasa cemas atau ketakutan.

Gerakkan tubuh

Olahraga tidak hanya baik bagi kebugaran, tapi juga kesehatan pikiran Anda. Dengan rutin menggerakkan tubuh, Anda pun akan merasa lebih segar, fokus, dan rileks.

Nikmati alam

Melihat pemandangan alam, pohon, sungai, laut, dan langit merupakan cara lain untuk mendapatkan rileksasi. Jika Anda bosan dengan pemandangan kota dan gedung bertingkat, cobalah cari lokasi dengan suasana alam yang menenangkan.

PT.GARMET, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



Kolom

GAGASAN
Kemanusiaan Keluarga Polk

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/9/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Persekusi terhadap warga Rakhine etnis Rohingya di Myanmar…