Teknologi
Kamis, 25 April 2013 - 14:42 WIB

KLINIK ANDROID : Memory Internal Selalu Penuh Apa Harus di Root?

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Erwin Christanto

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di Solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Advertisement

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Tanya :

Advertisement

Tanya :

Doni Angga <doniangga11@gmail.com>

Memory internal saya selalu penuh. Saya baca katanya harus di root. Apakah ga da cara lain?
Saya sudah pake app2sd tapi ga ngaruh. Klo memang harus di root caranya bagaimana?
Samsung galaxy Gio

Advertisement

Salam Droid juga Mas Doni Angga,

Memory internalnya Samsung Galaxy Gio memang kecil, cuma 181 MB. Jika terlalu banyak aplikasi yang diinstal ke dalam memory internalnya pastilah cepat penuh sehingga kinerja HH menjadi semakin lambat. Oleh karena itu sangatlah perlu untuk memindahkan sebagian dari aplikasi di internal memory ke external memory menggunakan aplikasi yang tersedia seperti app2sd, move2sd enabler, link2sd. Jika HH belum diroot, tidak semua aplikasi bisa dipindah ke external memory, oleh karena itu alangkah bagusnya kalau HH diroot terlebih dahulu untuk bisa memaksimalkan kinerja HH salah satunya untuk memindahkan aplikasi ke external memory.

Jika samsung galaxy gio Anda OSnya sudah Gingerbread, maka caranya root sebagai berikut:

Advertisement

Download file rootnya di http://www.4shared.com/file/pfc-clVK/gb-root.html

copy file tersebut ke microSD, biar mudah ketemunya disimpan di root dir .. (paling luar, tidak di dalam folder), matikan HH Anda, trus masuk ke mode menu recovery (tahan tombol home (tengah), lalu tekan tombol power sampai muncul logo) setelah muncul menu Android system recovery, pilih option update from sdcard dengan tombol volume down, lalu tekan tombol home. Pilih file tersebut yang sudah didownload tadi (gb-root.zip) lalu tekan tombol home.. setelah selesai pilih reboot now…

Cek apakah ada aplikasi baru yang muncul? SuperUser, kalau sudah ada, berarti HH Anda sudah root. Risiko ngeroot HH ditanggung sendiri.

Advertisement

Tanya :

Zainal Arifin <zainalinal34@yahoo.com>

mas mau tanya ni, tempat buat ngerom Samsung Galaxy Y Duos di Solo dimana ya?
makasih sebelumnya.

Jawab :

Salam droid mas Zainal, agak kurang paham saya dengan pertanyaan Anda, maksudnya tempat buat ngerom? Tempat untuk HH Anda dicustom rom? Atau tempat untuk membuat rom? Tolong berikan informasi yang lebih mendalam tentang maksud dan permasalahan yang Anda hadapi.
Pastinya di teman-teman Android Solo Community cukup banyak juga yang memakai Samsung Galaxy Y Duos, oleh karena itu silahkan datang di acara Gathering kita, kita saling berbagi informasi dan belajar tentang android. Info tentang gathering akan saya infokan melalui twitter saya @bosswiin. (Erwin Christanto, Ketua Android  Solo)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif