News
Jumat, 19 April 2013 - 22:31 WIB

UPDATE SIAGA DIENG : BNPB Evakuasi Ribuan Warga Dieng

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Gunung Berapi Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Gunung Berapi Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

WONOSOBO-Gunung Dieng hingga kini masih berstatus Siaga. Malam ini gempa terus terjadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat ini telah melakukan evakuasi ribuan warga.

Advertisement

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Jumat (19/4) malam mengatakan terkait meningkat aktivitas G. Dieng maka BNPB telah melakukan beberapa langkah yaitu sebanyak kurang lebih seribu warga di Dusun Sumber Rejo, Dieng telah dievakuasi.

“Evakuasi didasarkan pada koordinasi dengan BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah] Jawa Tengah dan BPBD Banjarnegera karena kawah timbang mengeluarkan dentuman,” ujarnya.

Saat ini tempat pengungsian sudah siap di Balai Desa Batur, Aula SMA Batur, dan Aula SMP Batur. BNPB juga menyebut logistik, peralatan dan posko pengungsian juga sudah siap.

Advertisement

“Bantuan dana siap pakai BNPB yang diserahkan kepada BPBD Jateng masih Rp2,5 miliar yang dapat digunakan untuk operasional penanganan darurat,” imbuh Sutopo.

Ia menambahkan Kawah Sileri juga dilaporkan baru saja mengeluarkan dentuman. Tak cuma itu BPBD magelang diminta merapat ke lokasi untuk memberikan bantuan.

“Tim Reaksi Cepat BNPB masih berada di lokasi untuk memberikan pendampingan kepada BPBD. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan waspada,” kata Sutopo.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif