News
Rabu, 17 April 2013 - 21:08 WIB

PENIPUAN KASKUSER SOLO : Penghuni Rumah HH Sempat Tak Bukakan Pintu

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Penangkapan tersangka penipuan HH, 15, terbilang dramatis. Pasalnya, sebelum menemukan tersangka HH, petugas mendatangi kediaman orangtua HH di Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo.

Salah satu petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Joyosuran, Yatno, 48, saat ditemui Solopos.com, menyampaikan sebelum menangkap HH petugas terlebih dahulu mendatangi kantor kelurahan. Polisi meminta tiga orang petugas linmas untuk menjadi saksi penangkapan.

Advertisement

Polisi juga membuat berita acara di kelurahan. Petugas linmas yang diminta menjadi saksi juga membuat laporan kegiatan secara tertulis. Dari berita acara dan laporan itu, kata Yatno, diketahui ketiga linmas yang diminta menjadi saksi adalah Sutardi, Priyanto dan Tri Prasetyo. Adapun polisi yang menggerebek HH berjumlah tujuh orang.

“Salah satu teman saya yang menjadi saksi juga menginformasikan soal penangkapan HH itu secara langsung kepada saya. Kasus HH itu kini menjadi perbincangan di wilayah sini [Joyosuran],” ulas Yatno, Rabu (17/4/2013).

Lebih lanjut dikatakannya, di dalam laporan yang dibuat tiga petugas linmas itu diketahui penangkapan dilaksanakan pukul 02.00 WIB. Penghuni rumah HH awalnya tak membukakan pintu meski petugas berulang kali mengetuk pintu. Hingga akhirnya petugas mencari jalan lain hingga akhirnya penghuni rumah mau keluar rumah. Namun, HH tidak berada di rumah. Polisi menangkap HH di rumah salah satu kerabatnya di Menangan, Joyosuran, yang tak jauh dari rumah HH.

Advertisement

Diberitakan sebelumnya, HH remaja berusia 15 tahun ditangkap jajaran Polresta Solo, Rabu dini hari. HH dalam beberapa pekan belakangan ini tak hanya menjadi buruan aparat kepolisian, namun juga warga di situs forum jual beli online Kaskus. Begitu diperiksa HH pun langsung ditetapkan sebagai tersangka.

HH diduga melakukan penipuan terhadap kaskuser lainnya, tak hanya kaskuser Solo. Diperkirakan para korban HH tertipu puluhan juta rupiah. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, remaja yang tinggal di Pasar Kliwon Solo ini ditangkap tanpa perlawanan.

Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Rudi Hartono, Rabu, membenarkan adanya penangkapan itu. Rudi mengatakan HH ditangkap di kediaman kerabatnya yang berjarak sekitar 200 meter dari kediaman HH.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif