PILGUB JAWA TENGAH
Survei LSKP Unggulkan Bibit, Ganjar & Hadi Santai

Logo PIlgubLogo PIlgub

Logo PIlgub

SEMARANG-Tim sukses calon gubernur (cagub) Ganjar Pranowo dan Hadi Prabowo, menanggapi santai hasil survei Lingkaran Survei Kebijakan Publik (LSKP) yang mengunggulkan incumbent atau patahana Gubernur Jateng, Bibit Waluyo.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Selasa (16/4/2013) ini akan melakukan pengundian nomor urut pasangan cagub-calon wakil gubernur (cawagub) peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.
Ketua Tim Sukses Cagub Ganjar Pranowo, M Prakosa, mengatakan hasil survei LSKP belum tentu benar.”Sudah banyak bukti hasil survei tak sesuai kenyataan seperti pada Pilgub DKI Jakarta. Jadi kami santai saja, biasa saja menanggapi hasil survei LSKP,” katanya ketika dihubungi Solopos.com saat berada di Jakarta , Senin (15/4).
Apalagi, lanjut dia LSKP merupakan anak perusahaan dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang berafiliasi dengan salah satu cagub.
Seperti diketahui LSI bidang pemenangan menjadi konsultan pemenangan cagub Bibit Waluyo.”Sehingga hasil surveinya saya kira tak menggunakan metode ilmiah,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Untuk menghadapi Pilgub Jateng pada 26 Mei 2013, lanjut M Prokosa yang juga Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD PDIP Jateng menyatakan, hasil survei LSKP berbeda dengan hasil survei yang dilakukan internal partai.
Hasil survei internal PDIP, menunjukkan tingkat elektablitas dan popularitas cagub Ganjar Pranowo dan cawagub Heru Sujatmoko cenderung naik. ”Hasil survei internal PDIP memang tak dipublikasikan karena bagian dari strategi pemenangan,” tandasnya.
Dia menambahkan setelah deklarasi resmi Ganjar-Heru di Lapangan Manahan Solo, yang dihadiri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Minggu (14/4), mesin politik partai sudah panas untuk bergerak.
”Mesin partai dari tingkat DPP, DPD, DPC, DPAC sudah panas siap bergerak full speed dan full power, memenangkan Ganjar-Heru,” katanya.
Terpisah Ketua Tim Pemenangan Hadi Prabowo, Agus Priyadi, mengungkapkan tidak terpengaruh dengan hasil survei LSKP. ”Terlebih lagi yang disurvei hanya 440 orang, tak bisa mewakili pemilih yang jumlahnya 27 juta lebih,” ungkap dia.
Meski begitu, imbuh hasil survei LSKP akan dijadikan koreksi untuk meningkatkan elektabilitas Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don).
”Kita petik hikmahnya untuk bekerja lebih keras lagi memenangkan HP-Don,” pungkas dia.
Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur LSKP, Sunarto Ciptoharjono menyatakan dari hasil survai yang dilakukan elektabilitas Bibit Waluyo paling tinggi dibandingkan dua kandidat cagub lainnya.
“Elektabilitas cagub Bibit Waluyo sebesar 39 persen, sedang cagub Ganjar Pranowo berada diposisi kedua dengan 8,4 persen, dan cagub Hadi Prabowo sebesar 6,8 persen,” beberanya pada jumpa pers di Hotel Grand Candi, Kota Semarang, Minggu (14/4).
Data ini merupakan hasil suvei yang dlakukan LSKP pada 3-9 April 2013 dengan mewawancarai 440 responden penduduk di kota dan desa tersebar di 35 kabupaten/kota, dengan margin error kurang lebih 4,8 persen.
Sementara, Ketua KPU Jateng, Fajar Subhi, mengatakan pengundian nomor urut pasangan cagub-cawagub dilakukan di Kantor KPU Jl Veteran, Kota Semarang. ”Pasangan cagub-cawagub wajib hadir sendiri, tak boleh diwakilkan,” kata dia.

Editor: | dalam: Pilkada,Politik |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »