Lifestyle
Selasa, 16 April 2013 - 08:41 WIB

Kolesterol Darah Tinggi? Perbanyak Konsumsi Tomat dan Kedelai

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tomat (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Tomat (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Kandungan kolesterol darah yang tinggi tidak disertai tanda-tanda. Karenanya banyak orang tidak tahu bahwa kadar kolesterol mereka terlalu tinggi. Batas normal kadar kolesterol dalam tubuh, adalah 200 mg/dL. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin baik.

Advertisement

Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan masalah kesehatan lainnya. Untuk menghindari kolesterol tinggi, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi buah dan sayur. Keduanya mengandung anti oksidan dan serat yang bisa mencegah tingginya kadar kolesterol dalam darah, sehingga Anda tetap sehat. Seperti sayuran dan buah berikut ini:

1.Tomat
Tomat adalah sumber terbaik lycopene yang berperang melawan penumpukan kolesterol di dinding arteri. Kandungan lycopene akan semakin tinggi saat tomat dimasak.

2. Kacang Kedelai
Kacang kedelai kaya akan vitamin B, zat besi dan kalsium. Kedelai juga mengandung anti oksidan yang dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dalam darah.

Advertisement

3.Kubis
Kubis mengandung anti oksidan yang sangat kuat. Coba konsumsi kubis merah yang diolah dengan bawang putih, sedikit gula dan campuran jus jeruk.

4. Alpukat dan Jeruk Bali
Kedua jenis buah ini kaya akan glutathione, yaitu antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas.

5.Wortel
Betakaroten membuat wortel berwarna oranye cantik. Beta karoten juga merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat.

Advertisement

6. Bawang
Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, bawang juga mengandung sulfida yang dapat mengurangi risiko kanker usus dan perut. Mengonsumsi bawang mentah dan yang dimasak secara bersamaan bisa memaksimalkan manfaatnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif