Lifestyle
Senin, 15 April 2013 - 09:07 WIB

Wow! Khasiat Putih Telur Terbukti Sehebat Obat Hipertensi

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi telur (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi telur (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA–Telur, baik kuning maupun putihnya, ternyata sama-sama baik bagi kesehatan. Kuning telur dikenal manfaatnya untuk kesehatan jantung . Kini, penelitian menunjukkan bahwa putih telur dapat menurunkan tekanan darah.

Advertisement

Dr Zhipeng Yu dan timnya dari Jilin University China memelajari peptida bernama RVPSL yang ditemukan dalam putih telur. Zat ini memiliki kemampuan hebat untuk mencegah aksi ACE, zat yang diproduksi dalam tubuh yang dapat menaikkan tekanan darah. Percobaan terhadap tikus menunjukkan bahwa RVPSL tak memiliki efek toksin dan dapat menurunkan tekanan darah.

“Kami memiliki bukti laboratorium bahwa zat dalam putih telur yakni peptida mengurangi tekanan darah sebanyak Captopril [obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi] dalam dosis rendah,” ujar Yu, seperti diberitakan situs Daily Mail (9/4/201313).

Yu yakin bahwa peptida, baik dalam putih telur maupun sebagai suplemen, dapat berguna sebagai tambahan pengobatan tekanan darah tinggi.

Advertisement

Hasil penelitian inipun mendukung temuan University of Alberta, Kanada, pada 2009. Dikatakan bahwa ketika telur bersinggungan dengan enzim perut, dihasilkan protein yang bekerja seperti obat penurun tekanan darah.

Berdasarkan riset University of Missouri, ditemukan bahwa sarapan telur yang tinggi protein merupakan cara terbaik untuk mengendalikan nafsu makan. Hal ini juga dapat mencegah kita ngemil makanan tak sehat di malam hari.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hipertensi Putih Telur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif