Soloraya
Minggu, 14 April 2013 - 17:06 WIB

UJIAN NASIONAL : Lalu Lintas Dipindahkan Biar Tak Mengganggu, Sekolah Siapkan Genset

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

WONOGIRI – Berbagai langkah antisipasi ditempuh di Wonogiri untuk memastikan agar ujian nasional (UN) yang berlangsung mulai Senin esok berjalan tanpa gangguan. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri misalnya, akan disiagakan di simpang tiga tugu Proklamasi Kemerdekaan di Lingkungan Sanggrahan, Kelurahan Giripurwo, Wonogiri saat ujian nasional. Petugas disiagkan di simpang tiga barat Jembatan Jurang Gempal untuk memindahkan arus lalu lintas menuju SMAN 1 Wonogiri.
Advertisement

Penutupan arus lalu lintas menuju SMAN 1 Wonogiri akan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB hingga satu jam kemudian. Penutupan arus dilakukan, Selasa (16/4/2013). Arus lalin ke SMAN 1 Wonogiri dialihkan melalui rute Jalan Pemuda II-depan Masjid Taqwa Wonogiri-Jalan Kabupaten dan kembali ke jalur lingkar kota. Pemindahan arus itu demi kelancaran siswa dalam mengerjakan soal Mapel Bahasa Inggris kategori listening.

Kepala Dishub Wonogiri, Ismiyanto didampingi Kabid Perhubungan E Suwargiyanto kepada Solopos.com, menjelaskan pihaknya sudah menerima surat permintaan dari SMAN 1 Wonogiri dan sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Wonogiri. “Selama satu jam arus lalin melewati SMAN 1 Wonogiri ditutup dan dialihkan,” ujar Ismiyanto.

Sementara itu, agar pelaksanaan UN Mapel Bahasa Inggris kategori listening tidak terganggu, pengelola sekolah menyediakan genset. Kepala SMAN 1 Baturetno, Yuli Bangun mengatakan, pihaknya telah menyiapkan genset berkekuatan 1.500 watt. Genset itu akan difungsikan jika aliran listrik dari PLN padam sewaktu UN listening padam. diakuinya, jaringan listrik ke Baturetno sering padam sehingga membuat kekhawatirannya.

Advertisement

“Satu genset sudah disediakan. Sewaktu aliran listrik padam genset dihidupkan sehingga siswa bisa mengerjakan soal kategori listening.” Mantan Kepala SMAN 1 Slogohimo ini berharap semua siswanya lulus. “Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk penambahan jam belajar khusus Mapel UN, try out, spiritual building training maupun pengawasan guru terhadap siswa kelas XII.”

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto menegaskan, pihaknya telah mengirim surat ke PLN agar tidak melakukan pemadaman listrik selama pelaksanaan UN berlangsung sejak Senin hingga Kamis (15-18/4/2013). Terpisah, orangtua wali siswa SMAN 1 Wonogiri, Purnomo menceritakan, siswa kelas IX atau peserta UN mengaku bising dan meminta pengalihan arus lalin saat Mapel UN Bahasa Inggris materi listening.

“Anak didik mengaku suara dari pengeras suara tak terdengar. Kalah dengan kebisingan kendaraan yang lalu lalang di jalan raya. Orangtua wali murid meminta arus lalin dipindahkan selama materi listening,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif