Soloraya
Minggu, 14 April 2013 - 16:45 WIB

PUNGLI PKL : Waduh, Ada Orang Berseragam Satpol PP Mintai Uang Pedagang

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah lapak PKL makanan di kawasan Solo Baru. Banyak PKL di Sukoharjo yang menjadi korban pungli yang dilakukan oknum berseragam Satpol PP. (JIBI/SOLOPOS/Iskandar)

Sebuah lapak PKL makanan di kawasan Solo Baru. Banyak PKL di Sukoharjo yang menjadi korban pungli yang dilakukan oknum berseragam Satpol PP. (JIBI/SOLOPOS/Iskandar)

SUKOHARJO – Orang yang mengenakan seragam Satpol PP saat dilaporkan sering melakukan pemungutan uang kepada para PKL. Karena itu Kepala Satpol PP Sukoharjo, Sutarmo meminta para pedagang kaki lima (PKL) di Sukoharjo yang dipungut uang oleh orang berseragam Satpol PP, mencatat identitas pelaku. Pihaknya mengaku tak memerintahkan anggotanya memungut atau menarik retribusi ke PKL.
Advertisement

“Saya mendapat laporan dari PKL di Mulur, ada orang memakai seragam Satpol PP tetapi hanya sandalan memunguti uang. Karena itu saya berharap teman-teman PKL mencatat identitas orang tersebut syukur-syukur dipotret dan nanti tolong sampaikan ke saya,” ujar Sutarmo. Menurut dia dia urusan penarikan uang untuk retribusi bukan tugas Satpol. Karena itu dia berharap para PKL berani menolak jika dimintai uang oleh orang yang berseragam Satpol.

Kendati demikian dia memperkirakan orang yang berseragam Satpol tersebut bukan anggotanya. Tetapi seandainya hal itu benar-benar dilakukan anggotanya, pihaknya siap membawaq persoalan ini ke Inspektorat Sukoharjo. “Kalau itu benar-benar orang Satpol anak buah saya, nanti tentu ada sanksi. Paling tidak nanti akan dipindah ke bagian lain,” kata dia.

Sutarmo mengutarakan pungutan yang dilakukan orang berseragam itu ditarik sepakan sekali. Selain itu besar pungutan antara pedagang satu dengan yang lain ada yang berbeda besar-kecilnya jumlah uang. Namun, papar dia, apa pun alasannya pihaknya tak bisa membenqrkannya. Sebab penarikan ritribusi dianggap hanya wewenang salah satu dinas yang telah ditetapkan.

Advertisement

Secara terpisah Ketua PKL Jalan Veteran, Sukoharjo, Joko Cahyono mengatakan berdasar informasi yang dimilikinya, pungutan liar oleh orang yang berseragam Satpol PP juga dialami sejumlah PKL di Solo Baru dan Kartasura. Karena itu dia berharap yang berwenang segera menertibkan persoalan ini.

“Teman-teman PKL itu memang bimbang. Selama ini mereka hanya diam, karena pungutan liar itu masih belum begitu memberatkan. Sehingga mereka juga belum bereaksi keras menolaknya. Karena kalau ternyata orang tersebut benar-benar oknum Satpol, para PKL itu juga khawatir akan menemui kesulitan di belakang hari,” kata Joko.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif