Jogja
Minggu, 14 April 2013 - 23:15 WIB

PILKADES SERENTAK DI BANTUL: Ribuan Suara Hilang

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL-Ribuan suara hilang dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilakukan di Bantul, Minggu (14/4/2013). Padahal, tingkat partisipasi warga datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tinggi.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, ribuan kertas suara dinyatakan tidak sah, sehingga tidak dapat dihitung. Kondisi ini terjadi di sejumlah desa.

Advertisement

Di desa Bangunjiwo, Kasihan, jumlah suara tak sah mencapai hingga 2.626 dari total 16.812 kertas suara yang tersebar ke pemilih. Sementara di desa Timbulharjo, Sewon, jumlah suara tak sah mencapai 1.157 suara, dari total 14.031 kertas suara yang tersebar. Sedangkan suara yang hilang di desa Jambidan, Banguntapan, relatif sedikit hanya 126 suara.

Ketua Panitia Pilkades Timbulharjo, Sewon Sudarman mengatakan, tak sahnya ribuan suara tersebut disebabkan banyak hal.

“Mereka tetap menggunakan hak pilihnya datang ke lokasi pencoblosan, tapi tidak sah karena misalnya salah coblos, atau mencoblosnya di dua tempat,” katanya.

Advertisement

Kendati demikian kata dia, tingkat partisipasi pemilih tetap tinggi. Di Timbulharjo misalnya, partisipasi pemilih yang menggunakan haknya mencapai lebih dari 90%. Demikian pula di Bangunjiwo dan Jambidan, tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi.

Sementara pemilihan di tiga desa tersebut hanya berlangsung satu putaran, lantaran suara tertinggi melebihi 25% seperti yang telah disyaratkan.

Di Bangunjiwo misalnya, pemilihan dimenangkan Parja dengan perolehan suara mencapai 7.242, atau lebih dari 50% suara sah. Parja menang setelah berhasil mengalahkan tiga pesaing lainnya.

Advertisement

“Tidak perlu dua putaran, suara yang memilih sudah jauh dari batas minimal,” kata Sukarman Ketua Panitia Pilkades  Bangunjiwo.

Sedangkan di Timbulharjo pemilihan dimenangkan Kandar dengan perolehan suara mencapai 4.207 dari total 12.874 suara sah. Ia menyingkirkan enam pesaing lainnya.

Sementara di Jambidan dimenangkan Indrianta Nugraha dengan perolehan 3.759 suara.

“Untuk di Jambidan yang maju semuanya calon baru tidak ada lurah yang lama,” kata Syawaliman Ketua Panitia Pengawas Pilkades Jambidan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif