Soloraya
Kamis, 11 April 2013 - 20:02 WIB

UNDERPASS MAKAMHAJI Segera Beroperasi, Kemacetan Kerten dan Kleco Teratasi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Proses pembangunan underpass makamhaji (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Proses pembangunan underpass makamhaji (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO — Tingkat kemacetan lalu lintas di kawasan Kleco dan Kerten segera teratasi menyusul bakal dioperasionalkannya underpass Makamhaji dalam waktu dekat.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Sri Baskoro ketika dijumpai, Rabu (10/4/2013) mengatakan segera menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas di kawasan Kleco dan Kerten ihwal bakal dioperasionalkannya underpass Makamhaji. Selama ini, dia mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan proyek underpass terjadi pengalihan arus lalu lintas ke kawasan Kleco dan Kerten. Otomatis menyebabkan volume  kendaraan yang melintas
terjadi peningkatan hingga 50%.

Menurut dia, dengan dioperasionalkannya maka akan mengurangi volume lalu lintas. Bahkan, dia menambahkan ke depan lagi jika proyek pembangunan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) berfungsi maka kemacetan lalu lintas di jalan-jalan protokol akan turun drastis.

“Yang jelas biasanya arus lalu lintas lewat Jongke tapi dialihkan ke Kerten dan arah barat lewat Kleco sehingga meningkatkan volume lalu lintas di Kleco, simpang tiga Kerten dan Jl Samratunglangi hingga Purwosari selama proyek underpass,” jelasnya.

Advertisement

Dikatakannya, pengalihan arus mampu meningkatkan jumlah kendaraan yang melintas per jam mencapai 2.500 unit kendaraan. Kepadatan lalu lintas kian tinggi tatkala pada jam-jam pagi hari dan sore hari. Yakni jam berangkat sekolah dan kerja serta jam pulang kerja. Dia mengatakan segera melakukan koordinasi dengan Dishubkominfo Sukoharjo terkait
rencana pengoperasionalan underpass Makamhaji.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif