Massa yang tergabung dalam Pemuda Yogyakarta Anti Premanisme menggelar aksi unjukrasa untuk menentang segala bentuk premanisme di perempatan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Minggu (07/04/2013). Aksi ini juga sebagai wujud terimakasih secara langsung atau tidak langsung atas tindakan Kopassus yang telah membuat Yogyakarta bersih dari kekuasaan preman. Dalam aksi unjuk rasa tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana untuk keluarga Serka Heru Santoso dan Sertu Sriyono. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) Massa yang tergabung dalam Pemuda Yogyakarta Anti Premanisme menggelar aksi unjukrasa untuk menentang segala bentuk premanisme di perempatan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Minggu (07/04/2013). Aksi ini juga sebagai wujud terimakasih secara langsung atau tidak langsung atas tindakan Kopassus yang telah membuat Yogyakarta bersih dari kekuasaan preman. Dalam aksi unjuk rasa tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana untuk keluarga Serka Heru Santoso dan Sertu Sriyono. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Minggu, 7 April 2013 18:47 WIB JIBI/SOLOPOS Peristiwa Share :

LAPAS SLEMAN DISERBU
Dukungan Terhadap Kopassus Berbahaya!

Massa yang tergabung dalam Pemuda Yogyakarta Anti Premanisme menggelar aksi unjukrasa untuk menentang segala bentuk premanisme di perempatan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Minggu (07/04/2013). Aksi ini juga sebagai wujud terimakasih secara langsung atau tidak langsung atas tindakan Kopassus yang telah membuat Yogyakarta bersih dari kekuasaan preman. Dalam aksi unjuk rasa tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana untuk keluarga Serka Heru Santoso dan Sertu Sriyono. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Massa yang tergabung dalam Pemuda Yogyakarta Anti Premanisme menggelar aksi unjukrasa untuk menentang segala bentuk premanisme di perempatan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Minggu (07/04/2013). Aksi ini juga sebagai wujud terimakasih secara langsung atau tidak langsung atas tindakan Kopassus yang telah membuat Yogyakarta bersih dari kekuasaan preman. Dalam aksi unjuk rasa tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana untuk keluarga Serka Heru Santoso dan Sertu Sriyono. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

JOGJA -Peneliti Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Najib Azca, berpandangan, munculnya pesan berantai yang menganggap Kopassus sebagai kesatria adalah hal yang berbahaya karena menggambarkan bentuk toleransi terhadap kekerasan.

“Dukungan terhadap pelaku penembakan termasuk menghalalkan atau menjadi pembenaran tindakan premanisme,” kata dia kepada Tempo. Ia mengatakan, premanisme tidak bisa diselesaikan menggunakan cara premanisme, seperti penembakan. Alasannya, cara itu justru akan mereproduksi kekerasan di masyarakat. “Semua bentuk kekerasan itu harus diselesaikan melalui mekanisme hukum. Jika tidak, akan menimbulkan tindakan-tindakan premanisme,” katanya.

Menurut dia, dukungan terhadap pelaku penembakan yang muncul melalui pesan berantai bisa jadi sebagai bentuk keresahan masyarakat terhadap maraknya premanisme. Mereka kecewa karena polisi gagal memberikan jaminan rasa aman di ruang-ruang publik, seperti kafe dan tempat parkir. “Ini bisa menjadi kritik masyarakat terhadap polisi sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan persoalan-persoalan keamanan,” katanya.

Najib Azca menambahkan, masyarakat perlu kritis menyikapi kasus penembakan di LP Cebongan. Peristiwa yang melatarbelakangi perkelahian di Hugo’s Cafe perlu dilihat. “Tentu harus dilihat apakah ini ada kaitannya juga dengan persaingan antarpreman sebelumnya,” katanya.

Simak berita terkait: http://digital.solopos.com/file/08042013/

Lowongan Pekerjaan
Dosen Tetap Akuntansi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • Lowongan Arsitek

    BUTUH ARSITEK Perumahan The White Stone Regency Kartasura,Harga Tidak Ditawar,Khusus Utk 1 Orang yg Disetujui.

  • Lowongan Micro Finance Sales & Micro Collection

    DIBUTUHKAN SEGERA : Micro Finance Sales Micro Collection Syarat : Pria/Wanita Islam Usia Max.30Th Micro Collec…

  • FORD XLT Double Cabin’2009

    FORD XLT Double Cabin’2009 AD,Putih,Pajak Baru,Harga:110Juta/Nego Telp:081229811102…

  • TIMOR’1996

    TIMOR’1996 AD,Merah,Ori,Istimewa, Harga:36Juta/Nego.AC,Milik Sendiri Hub:089693862108…

  • Lowongan Karyawati

    BUTUH CEPAT KARYAWAN WANITA Usia 20-25Th,Lokasi Baturan Colomadu Telp:08122611390…

  • Lowongan SPG Motoris

    BUTUH SPG Motoris Wanita/35Th Ada Mtr Sim C utk M-150 diSolo Hub:WA 081291435110…

  • Lowongan Apoteker

    BUTUH:2 Apoteker (Penanggung Jawab & Pendamping) untuk Apotek diWilayah Solo, Kirim Lamaran Lengkap : Jl.

  • KIA PICANTO 2011

    ALL NEW KIA PICANTO 2011 Merah,Istimewa, AD Harga:97 Juta/Nego Hub: 081215405405…

    Leave a Reply


    PROMO SPESIAL
    Blouse Kombinasi Lurik NIA-021
    Kain Batik Cap Rainbow NIA-016
    Kain Batik Print Sogan NIA-017
    Dress Capung NIA-011

    Kolom

    GAGASAN
    Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

    Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…