PILGUB JAWA TENGAH
KPU Tolak Usulan Bibit Tak Ada Debat Cagub

Maskot Pilgub JATENG 2013

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jateng, tetap akan menggelar debat antarkandidat calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jateng. Lembaga penyelenggara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013, tidak menanggapi incumbent atau patahana Gubernur Jateng, Bibit Waluyo yang mengusulkan supaya tidak perlu ada debat antarkandidat cagub dan cawagub.

Anggota KPU Jateng, Nuswantoro Dwiwarno, mengatakan, debat antarkadidat cagub dan cawagub telah diatur dalam perundangan. ”Kami sudah mengagendakan untuk menggelar dua kali debat antarcagub dan cawagub,” katanya di Semarang, Jumat (5/4/2013).

Ketentuan debat, lanjut dia telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 32/2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan KPU Nomor 9/2012. Pelaksanaan debat tersebut, kata Nuswantoro rencananya akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi nasional.

”Saat ini kami masih melakukan negosiasi dengan beberapa stasiun televisi nasional,” ungkapnya tanpa menyebutkan stasiun televisi.

Mengenai waktu peleksanaan debat, menurut dia, dijadwalakn setelah KPU menetapkan secara resmi pasangan cagub dan cawagub peserta Pilgub Jateng yang akan digelar 26 Mei 2013.

”Penetapan pasangan cagub dan cawagub akan dilakukan pada 11 April mendatang,” tandasnya.

Sebelumnya, bakal cagub Bibit Waluyo mengusulkan supaya KPU tak perlu menyelenggarakan debat antarcagub dan cawagub.
Menurut Bibit debat tersebut hanya akan sia-sia, sebab pasangan cagub dan cawagub lain belum mempunyai pengalaman sebagai gubernur, sedang dirinya sudah berpengalaman sebagai Gubernur Jateng sejak 2008.

”Saya mengusulkan KPU tidak usah ada debat, nanti cagub lain ngomongnya hanya bila…bila..bila.. [bila jadi gubernur], jadi tak imbang,” beber dia pada Busines Sharing Mengenal Lebih Dekat Cagub dan Cawagub Jawa Tengah yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng di Semarang, Kamis (4/4/2013) sore.

Seperti diketahui pada Pilgub Jateng, Bibit berpasangan dengan bakal cawagub Sudijono Sastroatmodjo diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN. Sementara, Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Rustriningsih kembali menegaskan belum memberikan dukungan kepada salah satu bakal cagub.

Rustriningsih yang gagal memeroleh rekomendasi bakal cagub dari PDIP ini, juga mengungkapkan sampai sekarang tak pernah melakukan pertemuan atau komunikasi dengan salah satu bakal cagub.

Lowongan Kerja
Social Kitchen, informasi selengkapnya

KLIK DISINI

Editor: | dalam: Pilkada,Politik |

8 Komentar pada “PILGUB JAWA TENGAH : KPU Tolak Usulan Bibit Tak Ada Debat Cagub”

  1. Sakam
    5 April 2013 pukul 20:19

    Pak Bibit, debat itu penting untuk mengetahui program dan kemampuan mereka. kalau memang selama ini bapak sudah berhasil mensejahterakan masyarakat Jateng pasti akan terpilih lagi. jadi ndak usah takut kegagalannya akan menjadi target serangan. Oce?!

  2. limbad
    5 April 2013 pukul 22:57

    Mbah e Bibit takut debat……ketahuan o..onnn..alias Pea.

  3. anto
    6 April 2013 pukul 02:08

    kenapa takut….???? mundur saja kalau takut

  4. Slamet
    7 April 2013 pukul 20:03

    Mbah bibit yang tidak berbebet dan berbobot…..

  5. harno bebek
    8 April 2013 pukul 13:11

    pokok’e seng menang ojo mentang2.. seng kalah ojo susah…dadio piyayi seng legowo…majulah jawa tengahku….ayo2 dukung sopo wae seng dadi gubernur selanjute,mugo2 iso majoke wilayahe dwe,aman sejahtera sak kabehe….

  6. SUTARDJO
    9 April 2013 pukul 12:27

    MAJU TERUS PAK BIBIT , ANDA LAYAK MENANG

    • ki jatmiko
      10 April 2013 pukul 08:46

      PIMPINAN AROGAN GITU KOK LAYAK MENANG……… MIMPI KALI YE….walaupun saya bukan pemilih diantara ke tiga calon…….. hakulllll yakin BIBIT penyakit gak bakal jadi lagi……..orang senenge ngumbar kesombongan gitu kok…….. baca tu pernyataan di atas, dipahami dong??…. jangan asal komen aja…….

  7. ki jatmiko
    10 April 2013 pukul 08:49

    Saya berdoa semoga JATENG dipimpin orang yang benar2 mengemban amanah rakyat jateng…..Boleh satu putaran asal jangan INCUMBENT matur nuwun

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris

    No items.

Menarik Juga »