HEBOH EYANG SUBUR
Kisah Istri di Jombang Hingga Perjalanan Jadi Paranormal

Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com)Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com)

Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com)

JOMBANG—Heboh Eyang Subur belum berakhir. Eyang Subur namanya kian moncer seiring pemberitaan infotainment. Disebut-sebut sebagai “orang pintar”, kaya dan dermawan, kehidupan istri Subur di Jombang, Jawa Timur ternyata jauh dari kabar tersebut.

Keluarga di tanah kelahiran Subur yang beristri delapan itu  jauh dari kesan kaya raya. Bahkan anak dan istri Subur tetap hidup miskin.

Sriah, 62, tetangga Eyang Subur di Kampung Tugu Kepatihan, Gang IV Kelurahan Kepanjen Kota Jombang menuturkan bahwa Subur mempunyai seorang istri bernama Wiwik. Mereka mempunyai anak yang masih duduk di kelas VI SD.

Namun, kondisinya jauh berbeda dengan Subur yang terkenal dengan kekayaan dan sifat dermawannya yang diakui beberapa artis dan pengikutnya. Sriah melihat, Wiwik dan anaknya seolah ditelantarkan begitu saja oleh Subur. Bahkan, keduanya harus berjualan kue di Pasar Legi Jombang.

“Aneh jika Pak Subur mengaku kaya dan dermawan tapi Wiwik dan anaknya itu jualan kue di pasar. Kasihan hidupnya susah,” ungkap Sriah saat berbincang dengan detikhot, Jumat (5/4/2013).

Hal yang sama juga dialami oleh Sutik, 62, adik kandung Subur. Sutik heran dengan pemberitaan di media massa mengenai sifat dermawan kakaknya. Sebab, Sutik tak pernah sedikit pun diberi uang.

“Saya kini menempati rumah keluarga di Jombang. Saya heran, Cak Subur katanya kaya dan dermawan tapi kok tak pernah bantu keluarga di Jombang,” ungkap wanita yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga itu.

Perjalanan Paranormal

Anggota keluarga Eyang Subur mengisahkan bagaimana perjalanan Eyang Subur yang dulunya dikenal sebagai penjahit biasa bisa menjadi paranormal yang diyakini sakti.

Sutik menceritakan, sang kakak saat itu memutuskan untuk merantau ke Jakarta pada 1970-an. Subur remaja pun tinggal di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Subur menyewa rumah kecil sebagai tempat tinggal dan usaha jahitnya. Hasil jahitan yang cukup bagus membuat nama Subur cepat melejit. Bahkan, sejumlah artis dan pejabat saat itu banyak yang menggunakan jasanya.

Hingga sekitar 1991, bencana kebakaran hebat terjadi di kawasan tempat tinggal Subur. Sejumlah rumah mewah yang bersebelahan dengan ‘gubuk’ kontrakannya terbakar habis. Sementara rumah Subur tak terjamah api sedikit pun.

“Dari kejadian itulah Cak Subur terkenal luas sebagai orang sakti dari Jombang. Banyak yang datang ke rumahnya, seperti Adi Bing Slamet dan pelawak seperti Tarzan, Srimulat,” ungkapnya.

Dari situ, pria yang kini berusia 67 tahun itu banyak didatangi orang untuk meminta ‘pesugihan’. Bahkan sejumlah artis banyak yang datang ke Jombang bersama Subur.

“Termasuk Adi Bing Slamet itu sering ke sini. Dia akrab dengan saya juga,” tuturnya.

Meski sang kakak sudah dikenal sebagai sosok yang sakti, Sutik sendiri tak percaya Subur telah penipu dengan modus paranormal. Sebab, mulai kecil kakaknya tak pernah bersinggungan dengan ilmu supranatural.

“Tak mungkin melakukan hal itu. Itu hanya tudingan saja,” ujarnya yakin.

Warga sekitar yang tinggal bersebelahan dengan Subur di Tanjung Duren, Bustomiq mengatakan, kebakaran itu memang terjadi. Warga pun percaya pria yang kini memiliki delapan istri itu sebagai sosok yang sakti.

Namun, sepengetahuan Bustomiq, sebenarnya tak hanya rumah Subur yang selamat dari bencana kebarakan itu. “Betul ada kebakaran, tapi nggak hanya rumah Eyang aja yang nggak terbakar. Rumah warga yang lain juga ada yang nggak kebakar,” kata Bustomiq baru-baru ini.

Editor: | dalam: Issue |

13 Komentar pada “HEBOH EYANG SUBUR : Kisah Istri di Jombang Hingga Perjalanan Jadi Paranormal”

  1. cincau
    5 April 2013 pukul 21:39

    kebetulan aja rumah nya tak terbakar, mungkin angin nya berlawanan, subur artinya???
    subur ber istri banyakj

  2. eyang bubur
    6 April 2013 pukul 07:53

    Katanya kawin buat tolong orang susah mana buktinya
    Pembohong

    • ridone
      6 April 2013 pukul 10:54

      heehhh elo yg pembohonhhh,,,anjing loee

  3. 6 April 2013 pukul 08:24

    eyang subur tuuu emang sesatt.
    dilihat dr istri’y ajja dah jelas salah, istri kok smpe 8. apa coba modus’y,,????
    dr muka’y jja dah kliatan, dia tu psti adah hubungan dg hal yg ghaib. pdhal d’islam tu tidak dibolehkan manusia bergaul/bermain2 dg jin.
    trus tuu pengacara eyang subur, dah keliatan tu mukanya,mukanya tu muka membela kesalahan dg kebenaran. dah sangat jelas.
    bgtu juga dg eyang sigit. !!
    ingattt,,,,!!!! neraka jahanam selalu menanti orang yang sesatt,,!!!!

  4. ridone
    6 April 2013 pukul 10:53

    tolol….percaya sama eyang percaya sama tuhan,,
    lagian ADI BNG SLAMET,,juga bego,,tau sesat di ikutin,,
    ehhpas giliran istrinya yg mau jadi korban baru ngomoong,,,
    yang lebih TOLOOOLL lagi si ANJING SIGIT ASISTENNYA SI BABI SUBUR,,,,

  5. supriyanto
    6 April 2013 pukul 18:43

    jangan di tiru kelakuan eyang subur, itu sudah nyalahi aqidah islam.dia tinggalkan istri dan keluarganya di jombang yang keadaannya susah, malah dia bermain perempuan kawin banyak 2, bagaimana nanti tanggung jawabnya di akhirat nanti. audzubika mindalik. sadar eyang subur, udah tua dan tak lama masuk kubur

  6. sunar
    6 April 2013 pukul 20:40

    subur itu penasehatnya orang mui, jadi tetep subar subur aja, denger2 nih kate orang

  7. aries
    7 April 2013 pukul 19:55

    ni org tua ga prnah blajar agama kali ya ? masa pnya istri smpe 8, kalo org islam pasti tau hadist nabi hnya mmbolehkan 4 org istri, lebih heran lg pngacaranya yg blang bhwa eyang subur mau menceraikan 4 istrinya klo ada fatwa mui berarti ni pngacara juga ga prnah blajar agama. sudah jelas hadistnya

  8. orang jombang
    7 April 2013 pukul 22:40

    Beristri 8 = haram
    Memperistri 2 atau lebih wanita bersaudara (kandung) secara bersamaan (kesemuanya masih hidup) = haram
    Cukup itu aja dah nunjukin kalo dia bukan islam

  9. sembure
    8 April 2013 pukul 20:25

    kalo keluarga dikasih hadiah duit entar bisa jadi tumbal dong, makanya dia kasih harta ma orang lain untuk dijadikan tumbal… wkwkwk

  10. slamet
    8 April 2013 pukul 21:58

    lgian knp istri2ny g ada yg pke jilbab…///////////////////apakh tk di ijinkn sm si eyang itu,sy yakin smua istrinya2nya dl br asl dr muslim…

  11. punisher
    9 April 2013 pukul 02:04

    subur udah gaek nafsunya selangit…………yang cocok subur kawini kerbau aja…………lebih tinggi gaibnya.

  12. 9 April 2013 pukul 19:06

    he wak subur itu bnyak istri pasti jg bnyak rizki y toh

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »