Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com) Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com)
Jumat, 5 April 2013 18:59 WIB JIBI/SOLOPOS/Dtc Issue Share :

HEBOH EYANG SUBUR
Kisah Istri di Jombang Hingga Perjalanan Jadi Paranormal

Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com)

JOMBANG—Heboh Eyang Subur belum berakhir. Eyang Subur namanya kian moncer seiring pemberitaan infotainment. Disebut-sebut sebagai “orang pintar”, kaya dan dermawan, kehidupan istri Subur di Jombang, Jawa Timur ternyata jauh dari kabar tersebut.

Keluarga di tanah kelahiran Subur yang beristri delapan itu  jauh dari kesan kaya raya. Bahkan anak dan istri Subur tetap hidup miskin.

Sriah, 62, tetangga Eyang Subur di Kampung Tugu Kepatihan, Gang IV Kelurahan Kepanjen Kota Jombang menuturkan bahwa Subur mempunyai seorang istri bernama Wiwik. Mereka mempunyai anak yang masih duduk di kelas VI SD.

Namun, kondisinya jauh berbeda dengan Subur yang terkenal dengan kekayaan dan sifat dermawannya yang diakui beberapa artis dan pengikutnya. Sriah melihat, Wiwik dan anaknya seolah ditelantarkan begitu saja oleh Subur. Bahkan, keduanya harus berjualan kue di Pasar Legi Jombang.

“Aneh jika Pak Subur mengaku kaya dan dermawan tapi Wiwik dan anaknya itu jualan kue di pasar. Kasihan hidupnya susah,” ungkap Sriah saat berbincang dengan detikhot, Jumat (5/4/2013).

Hal yang sama juga dialami oleh Sutik, 62, adik kandung Subur. Sutik heran dengan pemberitaan di media massa mengenai sifat dermawan kakaknya. Sebab, Sutik tak pernah sedikit pun diberi uang.

“Saya kini menempati rumah keluarga di Jombang. Saya heran, Cak Subur katanya kaya dan dermawan tapi kok tak pernah bantu keluarga di Jombang,” ungkap wanita yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga itu.

Perjalanan Paranormal

Anggota keluarga Eyang Subur mengisahkan bagaimana perjalanan Eyang Subur yang dulunya dikenal sebagai penjahit biasa bisa menjadi paranormal yang diyakini sakti.

Sutik menceritakan, sang kakak saat itu memutuskan untuk merantau ke Jakarta pada 1970-an. Subur remaja pun tinggal di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Subur menyewa rumah kecil sebagai tempat tinggal dan usaha jahitnya. Hasil jahitan yang cukup bagus membuat nama Subur cepat melejit. Bahkan, sejumlah artis dan pejabat saat itu banyak yang menggunakan jasanya.

Hingga sekitar 1991, bencana kebakaran hebat terjadi di kawasan tempat tinggal Subur. Sejumlah rumah mewah yang bersebelahan dengan ‘gubuk’ kontrakannya terbakar habis. Sementara rumah Subur tak terjamah api sedikit pun.

“Dari kejadian itulah Cak Subur terkenal luas sebagai orang sakti dari Jombang. Banyak yang datang ke rumahnya, seperti Adi Bing Slamet dan pelawak seperti Tarzan, Srimulat,” ungkapnya.

Dari situ, pria yang kini berusia 67 tahun itu banyak didatangi orang untuk meminta ‘pesugihan’. Bahkan sejumlah artis banyak yang datang ke Jombang bersama Subur.

“Termasuk Adi Bing Slamet itu sering ke sini. Dia akrab dengan saya juga,” tuturnya.

Meski sang kakak sudah dikenal sebagai sosok yang sakti, Sutik sendiri tak percaya Subur telah penipu dengan modus paranormal. Sebab, mulai kecil kakaknya tak pernah bersinggungan dengan ilmu supranatural.

“Tak mungkin melakukan hal itu. Itu hanya tudingan saja,” ujarnya yakin.

Warga sekitar yang tinggal bersebelahan dengan Subur di Tanjung Duren, Bustomiq mengatakan, kebakaran itu memang terjadi. Warga pun percaya pria yang kini memiliki delapan istri itu sebagai sosok yang sakti.

Namun, sepengetahuan Bustomiq, sebenarnya tak hanya rumah Subur yang selamat dari bencana kebarakan itu. “Betul ada kebakaran, tapi nggak hanya rumah Eyang aja yang nggak terbakar. Rumah warga yang lain juga ada yang nggak kebakar,” kata Bustomiq baru-baru ini.

Iklan Baris
  • Lowongan Waitress & Cook

    CARI WAITER/Waitress,Cook,Untuk Rest baru di Solo.Hub: 0271 – 725717…

  • AYLA 2015

    AYLA X Manual’2015,Hitam,AD Asli,97Jt Nego:087836352908…

  • Lowongan Sales

    DIBUTUHKAN SALES Freelance,Fasilitas : Gaji & Uang Transport. Kirim Lamaran Lengkap ke : Bagian Sirkulasi…

  • Lowongan ADM

    DICARI : ADMINISTRASI Gudang, Min SMK Akutansi, Wanita,Kirim Lamaran : Jl.Industri Kutu No.83,Telukan,Grogol,S…

  • SUZUKI PU’1983

    JUAL SUZUKI PU’1983 casis + mesin oke.kaleng.AD Karananyar. Harga: 13.5jt Hub:085100065102…

  • Grand Livina’2010

    GRAND LIVINA Istimewa.Manual SV’2010,Abu2.B,111jtNg:087812720838…

  • Lowongan Admin Keuangan

    BUTUH : KEUANGAN Syarat : Muslimah Mengerti Laporan Keuangan/Pajak Punya Motor Kirim Data Pribadi Via email :…

  • GRAND MAX’2014

    GRAND MAX’2014 Box Almunium,Putih,Istimewa,Harga:75Juta/Nego Hub : 08121517888…

Leave a Reply


PROMO SPESIAL
Hem Batik Pria AW-1.6
Hem Batik Pria AW-1.5
Hem Batik Pria AW-1.3
Hem Batik Pria AW-1.4

Kolom

GAGASAN
Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…

Switch to mobile version