Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com) Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com)
Jumat, 5 April 2013 18:59 WIB JIBI/SOLOPOS/Dtc Issue Share :

HEBOH EYANG SUBUR
Kisah Istri di Jombang Hingga Perjalanan Jadi Paranormal

Eyang Subur saat menghadiri acara yang digelar warga. (liputan6.com)

JOMBANG—Heboh Eyang Subur belum berakhir. Eyang Subur namanya kian moncer seiring pemberitaan infotainment. Disebut-sebut sebagai “orang pintar”, kaya dan dermawan, kehidupan istri Subur di Jombang, Jawa Timur ternyata jauh dari kabar tersebut.

Keluarga di tanah kelahiran Subur yang beristri delapan itu  jauh dari kesan kaya raya. Bahkan anak dan istri Subur tetap hidup miskin.

Sriah, 62, tetangga Eyang Subur di Kampung Tugu Kepatihan, Gang IV Kelurahan Kepanjen Kota Jombang menuturkan bahwa Subur mempunyai seorang istri bernama Wiwik. Mereka mempunyai anak yang masih duduk di kelas VI SD.

Namun, kondisinya jauh berbeda dengan Subur yang terkenal dengan kekayaan dan sifat dermawannya yang diakui beberapa artis dan pengikutnya. Sriah melihat, Wiwik dan anaknya seolah ditelantarkan begitu saja oleh Subur. Bahkan, keduanya harus berjualan kue di Pasar Legi Jombang.

“Aneh jika Pak Subur mengaku kaya dan dermawan tapi Wiwik dan anaknya itu jualan kue di pasar. Kasihan hidupnya susah,” ungkap Sriah saat berbincang dengan detikhot, Jumat (5/4/2013).

Hal yang sama juga dialami oleh Sutik, 62, adik kandung Subur. Sutik heran dengan pemberitaan di media massa mengenai sifat dermawan kakaknya. Sebab, Sutik tak pernah sedikit pun diberi uang.

“Saya kini menempati rumah keluarga di Jombang. Saya heran, Cak Subur katanya kaya dan dermawan tapi kok tak pernah bantu keluarga di Jombang,” ungkap wanita yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga itu.

Perjalanan Paranormal

Anggota keluarga Eyang Subur mengisahkan bagaimana perjalanan Eyang Subur yang dulunya dikenal sebagai penjahit biasa bisa menjadi paranormal yang diyakini sakti.

Sutik menceritakan, sang kakak saat itu memutuskan untuk merantau ke Jakarta pada 1970-an. Subur remaja pun tinggal di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Subur menyewa rumah kecil sebagai tempat tinggal dan usaha jahitnya. Hasil jahitan yang cukup bagus membuat nama Subur cepat melejit. Bahkan, sejumlah artis dan pejabat saat itu banyak yang menggunakan jasanya.

Hingga sekitar 1991, bencana kebakaran hebat terjadi di kawasan tempat tinggal Subur. Sejumlah rumah mewah yang bersebelahan dengan ‘gubuk’ kontrakannya terbakar habis. Sementara rumah Subur tak terjamah api sedikit pun.

“Dari kejadian itulah Cak Subur terkenal luas sebagai orang sakti dari Jombang. Banyak yang datang ke rumahnya, seperti Adi Bing Slamet dan pelawak seperti Tarzan, Srimulat,” ungkapnya.

Dari situ, pria yang kini berusia 67 tahun itu banyak didatangi orang untuk meminta ‘pesugihan’. Bahkan sejumlah artis banyak yang datang ke Jombang bersama Subur.

“Termasuk Adi Bing Slamet itu sering ke sini. Dia akrab dengan saya juga,” tuturnya.

Meski sang kakak sudah dikenal sebagai sosok yang sakti, Sutik sendiri tak percaya Subur telah penipu dengan modus paranormal. Sebab, mulai kecil kakaknya tak pernah bersinggungan dengan ilmu supranatural.

“Tak mungkin melakukan hal itu. Itu hanya tudingan saja,” ujarnya yakin.

Warga sekitar yang tinggal bersebelahan dengan Subur di Tanjung Duren, Bustomiq mengatakan, kebakaran itu memang terjadi. Warga pun percaya pria yang kini memiliki delapan istri itu sebagai sosok yang sakti.

Namun, sepengetahuan Bustomiq, sebenarnya tak hanya rumah Subur yang selamat dari bencana kebarakan itu. “Betul ada kebakaran, tapi nggak hanya rumah Eyang aja yang nggak terbakar. Rumah warga yang lain juga ada yang nggak kebakar,” kata Bustomiq baru-baru ini.

lowongan kerja
lowongan kerja PT.PUSAT WARNA TEKAD JAYA Cabang Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • Lowongan Sopir,Serabutan &ADM

    PENYALUR VARIASI Mobil Smrg Cr Kryw:Mau Krj,Bs Diprcaya,Sopir:SMA,SIMA 25-35Th,Srbtn:Pria SMA SIM C,2-25Th,Adm…

  • L300 PU’2008

    L300 PU’2008 Hitam,Pjk Gres,AD-Solo(80Jt Saja)Siap Kerja:784148…

  • KARIMUN GX’2005

    KARIMUN GX’2005 Htm,M/T,AD-Solo,PjkBr(70),LsgPkai:087735002228…

  • Lowongan Pengasuh Bayi

    BUKAN PENYALUR,Diutamakn Dr Daerah,Putri Max30th,Pengasuh Bayi Cewek 1Th Lbh&Kbersihan,Wjb TdrDlm DiSolo…

  • CITY Vtex’2000

    HONDA CITY Vtex’2000 Merah VR AC TP MsnBdy Ist64Jt085100051511…

  • XENIA Li’2007

    XENIA Li’2007 Silver VR AC TP Msn Bd PjkBr Istw 82Jt085100051511…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

Leave a Reply



sepatu

Kolom

GAGASAN
Plus Minus Siaran Langsung Kasus Ahok

Gagasan Solopos, Senin (19/12/2016),  Algooth Putranto. Pengajar Ilmu Komunikasi, pernah menjadi analis di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Solopos.com, SOLO — Kasus dugaan penistaan agama (blasphemy) di Indonesia bukan hal yang baru. Delik usang ini sama tuanya dengan sejarah eksistensi…