Lifestyle
Kamis, 4 April 2013 - 06:41 WIB

Yuk, Sarapan Oatmeal Agar Daya Konsentrasi Kuat!

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google/www.webparx.com)

Ilustrasi (google/webparx.com)

JAKARTA–Sarapan juga berguna untuk membantu kinerja otak. Seperti oatmeal dan smoothies buah-buahan. Kedua makanan ini memberikan sejumlah asupan nutrisi penting untuk merangsang otak dalam berkonsentrasi.

Advertisement

Sarapan yang mengandung protein, karbohidrat, dan serat dalam jumlah cukup bisa membuat otak berfungsi dengan baik. Protein mengandung asam amino yang penting untuk produksi neurotransmitters yang mengatur fungsi otak, karbohidrat kompleks dapat menjaga kadar gula otak stabil, dan serat untuk stimulasi otak.

Menyantap semangkuk oatmeal untuk sarapan menyediakan asupan serat dan protein untuk energi dan pikiran fokus sepanjang hari. Dalam buku Brain Builders: A Lifelong Guide to Sharper Thinking, Better Memory and An Age Proof Mind oleh Richard Leviton disebutkan oats merangsang otak dan berkontribusi pada kesehatan sel otak.

Sebagai tambahan asupan gula, Anda bisa mengkonsumsi smoothies buah-buahan yang mengandung pemanis alami. Lawlis dan Greenwood-Robinson menegaskan konsumsi sarapan yang mengandung gula alami dari buah-buahan bisa memberikan energi yang bertahan sepanjang hari.

Advertisement

Buah-buahan berbagai warna kaya akan kandungan antioksidan, nutrisi untuk menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan penurunan fungsi otak. Selain itu, antioksidan juga berfungsi melancarkan peredaran oksigen ke otak yang membutuhkan 10 kali asupan oksigen dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Untuk racikan smoothies yang baik untuk otak, campurkan ragam buah berry, jeruk, anggur merah dan sayuran seperti wortel, sayuran hijau, dan tomat. Selain dari buah, manfaat antioksidan juga bisa didapatkan dari yogurt, sereal, dan telur.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Oatmeal Sarapan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif