Soloraya
Kamis, 4 April 2013 - 16:36 WIB

Proyek Pengembangan Terminal Tirtonadi Berlanjut ke Sisi Tengah

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana ruang tunggu penumpang di bagian barat Terminal Tirtonadi yang merupakan hasil pengembangan baru terminal. Selanjutnya tahun ini akan dilakukan pembangunan dan penataan bagian tengah terminal. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Suasana ruang tunggu penumpang di bagian barat Terminal Tirtonadi yang merupakan hasil pengembangan baru terminal. Selanjutnya tahun ini akan dilakukan pembangunan dan penataan bagian tengah terminal. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO – Proyek pembangunan Terminal Tirtonadi kembali dilanjutkan dengan kucuran dana dari APBN dan APBD dengan total nilai Rp17,5 miliar. Pembangunan bakal dilanjutkan untuk terminal sisi tengah yang digunakan sebagai akses penurunan.
Advertisement

Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto, menuturkan berdasarkan laporan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, proses lelang proyek yang didanai dari APBN senilai Rp7,5 miliar sudah rampung. Sementara, untuk alokasi anggaran dari APBD senilai Rp10 miliar masih ada pembenahan detail engineering design (DED) oleh konsultan manajemen konstruksi.

“Manajemen konstruksi kan fungsinya untuk meneliti DED. Ternyata setelah diteliti harus ada review sedikit. Kemarin dari Dishubkominfo menjanjikan pertengahan April sudah mulai lelang fisik untuk proyek terminal sisi tengah,” paparnya, Kamis (4/4/2013).

Disinggung soal pengerjaan APBN dan APBD berbarengan, Honda menuturkan hal itu tak masalah. Pasalnya, proses pengerjaan tak dilakukan untuk pekerjaan yang sama. “Secara makro kemarin sudah disampaikan APBN untuk apa sedangkan APBD untuk apa. Itu kan pekerjaannya lain, jadi tidak masalah,” urainya.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad, menyampaikan saat ini proyek pembangunan Terminal Tirtonadi mencapai 60% dari total nilai proyek Rp115 miliar. “Kemarin sisi barat nilainya Rp56 miliar. Untuk 2013 ini, dari APBN Rp7,5 miliar dan APBD Rp10 miliar. Untuk APBN sudah rampung lelangnya, sedangkan APBD April ini dibuka nanti Mei lelang sudah selesai,” jelas dia.

Yosca menuturkan selain digunakan sebagai tempat penurunan penumpang, terminal sisi tengah juga bakal dibangun kios-kios, selasar dan ruang tunggu. “Sekarang kan diatur penurunan sendiri untuk naik sendiri. Untuk yang sekarang kan naik-turun di tempat itu. Naik-turun kami bedakan dengan sistem boarding pass. Sekarang kan pentahapan untuk masuk dan sebagainya belum selesai semua,” terangnya.

Lebih lanjut, Yosca menuturkan proyek sisi tengah tersebut harus rampung 2013. “Kami usahakan sebelum Lebaran nanti sudah selesai,” imbuhnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif