News
Kamis, 4 April 2013 - 04:35 WIB

Koreo Utara Sahkan Serangan Nuklir ke AS

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEOUL — Tentara Korea Utara menyatakan, Kamis, mereka telah memperoleh persetujuan final untuk melancarkan serangan-serangan militer “tanpa ampun” ke AS yang mencakup kemungkinan penggunaan senjata nuklir “mutakhir”.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita resmi KCNA, Staf Umum Tentara Rakyat Korea (KPA) mengatakan, mereka telah secara resmi memberi tahu Washington bahwa ancaman-ancaman koboi AS akan “dihancurkan oleh… serangan nuklir ringan, mutakhir dan bervariasi”.

Advertisement

“Operasi tanpa ampun oleh angkatan bersenjata revolusioner (kami) dalam kaitan ini telah diuji dan disahkan,” kata pernyataan itu.

Sebulan lalu Korea Utara mengancam akan melancarkan serangan nuklir terlebih dulu terhadap AS dan pekan lalu komando tertinggi militer memerintahkan satuan-satuan roket strategis berada dalam status perang untuk kemungkinan serangan ke daratan AS dan pangkalan-pangkalan AS di Guam dan Hawaii.

“Waktu letusan bergerak semakin cepat,” kata pernyataan Kamis itu, dengan menambahkan bahwa perang bisa meletus di Semenanjung Korea “hari ini atau besok”.

Advertisement

“Berkaitan dengan hal ini, Staf Umum KPA yang bertanggung jawab atas seluruh operasi akan mengambil aksi-kontra militer praktis yang kuat secara berturut-turut,” katanya.

Meski Korea Utara telah berhasil melakukan peluncuran roket jarak jauh pada Desember, para ahli yakin negara itu masih memerlukan waktu beberapa tahun untuk membuat rudal balistik antar-benua yang bisa menyerang daratan AS.

Hawaii dan Guam juga berada di luar jangkauan rudal jarak sedang Korea Utara, yang meski demikian masih bisa menyerang pangkalan-pangkalan AS di Korea Selatan dan Jepang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif