ALUTSISTA TNI
DSME Korea Selatan Rampungkan Gambar Desain Dasar Kapal Selam Pesanan TNI AL

Salah satu kapal selam kelas Chang Bo-go milik AL Korea Selatan. Kapal selam bermesin disel listrik ini dari varian yang lebih canggih juga dipesan TNI AL. (military-today.com)Salah satu kapal selam kelas Chang Bo-go milik AL Korea Selatan. Kapal selam bermesin disel listrik ini dari varian yang lebih canggih juga dipesan TNI AL. (military-today.com)

SEOUL – Pembuatan gambar desain untuk kapal selam pesanan TNI AL saat ini sudah rampung dilakukan di perusahaan galangan kapal DSME, Korea Selatan. Dengan rampungnya pembuatan gambar desain itu tahap selanjutnya yang dilakukan adalah pembuatan gambar desain struktur dan produksi.

Seperti diungkapkan dalam situs resmi perusahaan tersebut, (http://goo.gl/HOmka), DSME sudah membuat 50 gambar desain dasar yang sudah disetujui oleh TNI AL. Kapal selam itu akan sepenuhnya dibangun dengan menggunakan desain dan kemampuan rekayasa DSME, dan bukan lagi teknologi Jerman yang menjadi dasar pembuatan kapal selam tersebut. Seluruh pasokan material juga akan berasal dari DSME sendiri. Kapal selam pesanan TNI AL ini sekaligus menjadi produk ekspor pertama untuk jenis kapal tersebut bagi DSME.

TNI AL telah memesan tiga kapal selam baru dari DSME yaitu dari jenis kelas Chang Bo-go. Kapal ini adalah hasil adaptasi dan modifikasi Korea Selatan dari kapal selam tipe U-209 buatan Jerman Barat, yang varian asli Jermannya juga sudah dioperasikan TNI AL yaitu KRI Cakra dan Nanggala sejak tahun 1980-an. Menurut rencana satu kapal akan sepenuhnya dikerjakan oleh teknisi Korsel, kapal kedua dibuat bersama oleh teknisi Korsel dan PT PAL Indonesia dan kapal ketiga dibuat sepenuhnya di galangan PT PAL di Surabaya.

Salah satu kapal selam kelas Chang Bo-go milik AL Korea Selatan. Kapal selam bermesin disel listrik ini dari varian yang lebih canggih juga dipesan TNI AL. (military-today.com)

Salah satu kapal selam kelas Chang Bo-go milik AL Korea Selatan. Kapal selam bermesin disel listrik ini dari varian yang lebih canggih juga dipesan TNI AL. (military-today.com)

Editor: | dalam: Peristiwa |

Berita Terkait

Iklan Cespleng
Menarik Juga ยป