Soloraya
Senin, 1 April 2013 - 18:15 WIB

PILKADES KLATEN : 800 Linmas di-BKO Polres

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KLATEN — Sekitar 800 personel perlindungan masyarakat (linmas) dari 278 desa di Klaten akan dibantukan kepada polisi untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 11 April mendatang.

Penyerahan secara simbolis sekitar 800 personel linmas itu dilakukan Bupati Klaten, Sunarna, kepada Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo, di Alun-Alun Klaten, Senin (1/4/2013). Dalam kesempatan itu, Sunarna mengakui pilkades merupakan salah satu kegiatan dalam menjalankan prinsip demokrasi. Dia mengakui riya-riya politik menjadi fenomena yang wajar atau biasa terjadi saat berlangsungnya pesta demokrasi semacam pilkades. Namun dia tidak membenarkan jika kepentingan politik itu mengganggu kepentingan publik dan menerjang koridor hukum yang berlaku di negara ini.

Advertisement

“Kita tidak boleh memberikan toleransi kepada pelaku pemaksaan kehendak atau merayakan euforia berlebihan dengan dalih demokrasi,” ujar Sunarna dalam sambutannya.

Sunarna berharap warga ikut menjaga keamanan dan ketertiban hidup bermasyarakat menjelang atau setelah pilkades mendatang. Menurutnya, petugas linmas merupakan instrumen Pemkab Klaten untuk menjaga keamanan dan ketertiban hidup bermasyarakat. Keberadaan linmas tersebut diharapkan mampu membantu polisi dan aparat TNI untuk mengamankan pilkades.

Sementara itu, Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo, berharap pelaksaan pilkades berjalan sukses tanpa terjadinya ekses. Untuk itu, dia berharap kepada semua calon kades bisa menjunjung tinggi sportivitas.

Advertisement

“Menang ojo umuk, kalah ojo ngamuk [Menang jangan sombong, kalah jangan bikin gaduh atau merusak],” ungkap Kapolres.

Kapolres mengatakan keberadaan linmas bisa menjadi ujung tombak keberhasilan penanggulangan konflik jelang maupun setelah pilkades. Dia berterima kasih dengan bantuan sekitar 800 personel linmas tersebut.

“Sekitar 800 linmas untuk BKO pilkades sudah saya terima. Selanjutnya mereka akan kami berdayakan membantu kami dalam mengamankan jalannya pilkades,” paparnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif