Lifestyle
Sabtu, 30 Maret 2013 - 09:51 WIB

Awas Sakit Gigi & Gusi Bisa Bikin Impoten

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

 

Advertisement

Benarkah seorang pria impoten hanya karena menderita sakit gigi?

Jawabannnya bisa saja. Seorang pria biasanya cenderung acuh terhadap gejala penyakit yang ditimbulkan oleh tubuhnya, termasuk sakit gigi atau gusi.

Penelitian terbaru mengungkapkan pria yang memiliki masalah kesehatan di gigi dan gusinya ternyata berisiko 2 kali lipat lebih besar mengalami disfungsi ereksi.

Advertisement

Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal kesehatan seks, Journal of Sexual Medicine menemukan ketika seseorang menderita sakit di gusi atau giginya, bakteri dari mulut dapat masuk ke dalam darah.

Jika sampai bakteri tersebut masuk ke dalam darah maka dapat mempengaruhi pembuluh darah dan arteri. Hal ini bisa menyebabkan mengeras dan menyempitnya pembuluh darah seperti pada seseorang yang menderita penyakit jantung dan efek pada pembuluh darah ini juga meningkatkan risiko terkena disfungsi ereksi.

Penelitian pun dilakukan oleh para ahli di Inonu University, Turki. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa 53% dari pria yang menderita disfungsi ereksi memiliki penyakit gusi yang parah dan 23% lainnya tidak memiliki penyakit serupa.

Advertisement

Menurut Dr Nigel Carterm, Chief Executive British dental Health Foundation, tidak hanya kesehatan mulut saja yang bisa meningkatkan resiko pria terkena disfungsi tetapi juga soalnya rendahnya kepecayaan diri, harga diri dan hubungan dengan pasangan.

Untuk meminimalisir hal tersebut kesehatan gusi menjadi penting untuk selalu dijaga. Membersihkan sisa-sisa makanan di gigi dan gusi adalah langkah awal yang baik dalam menjaga kesehatan mulut.

“Menggunakan sikat interdental atau flossing adalah cara terbaik untuk membersihkan mulut. Menyikat gigi sendiri hanya membersihkan 60 % dari permukaan gigi, jadi ini adalah cara terbaik menghilangkan plak, penyebab penyakit gusi,” ujar Carter.

Advertisement
Kata Kunci : Impotensi Kesehatan Pria
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif