Soloraya
Jumat, 29 Maret 2013 - 19:34 WIB

REVITALISASI KLEWER : Walikota Tantang Ikappi Tunjukkan Surat Jaminan Pasar Klewer Kuat Hingga 30 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasar Klewer (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Pasar Klewer (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO — Pemkot Solo terus berusaha mencari bantuan kepada pemerintah pusat guna pelaksanaan revitalisasi Pasar Klewer. Sembari menunggu adanya dana revitalisasi, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta pertanggungjawaban dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) yang menjamin bahwa bangunan Pasar Klewer masih kuat sampai 30 tahun mendatang.

Advertisement

“Ikappi beberapa waktu lalu menyatakan kalau bangunan Pasar Klewer masih bertahan sampai 30 tahun mendatang. Ya silakan saja berstatemen seperti itu, tapi dia (Ikappi) harus bertanggungjawab jika terjadi apa-apa pada pedagang,” jelas Rudy saat ditemui wartawan, di sela-sela pertandingan olahraga di Stadion Manahan, Jumat (29/3/2013).

Rudy meminta kepada Ikappi untuk memberikan bukti berupa jaminan atas pernyataan yang disampaikan kepada pedagang beberapa waktu lalu.

“Sudah jelas dari hasil kajian dari feasibility study (FS) dan DED dinyatakan bahwa bangunan Pasar Klewer sudah menurun dua persen lebih. Artinya, rekomendasi dari tim FS menyimpulkan bangunan pasar sudah layak dibongkar,” jelas Rudy.

Advertisement

Dia menjelaskan berdasarkan kajian dari tim FS, standar sebuah bangunan tidak layak dibongkar apabila penurunan kurang dari dua persen. “Kalau kurang dari dua persen ya bisa direnovasi. Standar bangunan layak dibongkar ya itu tadi (dua persen lebih). Itu bukan kata saya, tapi menurut tim kajian FS dan DED,” papar dia.

Pihaknya sampai sekarang terus mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat untuk pembangunan Pasar Klewer yang bakal dijadikan pusat grosir tekstil terbesar se-Jawa Tengah.

“Kalau bicara dana memang kami masih berusaha memohon bantuan kepada pemerintah. Jika FS dan DED sudah turun, berarti nunggu pelaksanaan saja,” jelas dia.

Advertisement

Sementara itu, Ketua DPP Ikappi, Abdullan Mansuri mengatakan siap menunjukkan surat kepada Walikota Solo terkait dengan revitalisasi Pasar Klewer.

“Nanti kita kirimkan surat secepatnya kepada Walikota. Mengenai isinya ya nanti kami jelaskan dalam surat itu atau saat bertemu langsung dengan Walikota,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif