Lifestyle
Jumat, 29 Maret 2013 - 12:25 WIB

Berat Badan Turun dengan Minum 10 Gelas Air Sehari

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

JAKARTA–Manfaat minum air putih telah diketahui banyak orang. Selain mencegah dehidrasi minuman ini juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Banyak minum air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Advertisement

Anjuran konsumsi air putih dalam sehari berkisar 8 sampai 10 gelas, atau satu setengah liter hingga dua liter air. Anjuran konsumsi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan volume air dalam tubuh dengan rata-rata 65% per berat badan.

Air putih yang mengandung mineral ini sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Cara alami yang mudah ini bisa dilakukan untuk Anda yang sedang berdiet. Air mampu menurunkan indeks massa tubuh. Cara ini dapat efektif jika sebanyak 500 ml air diminum sebelum makan.

Air yang terserap ditubuh juga dapat membakar lemak sekitar 50 persen lemak. Karena itulah, air putih dikatakan efektif dapat menurunkan berat badan.

Advertisement

Seperti dilansir webmd, air juga dikatakan dapat membantu mengontrol kalori. Hal inipun diakui oleh Barbara Rools, PhD, seorang peneliti di Penn State.

“Penurunan berat badan terjadi karena Anda memilih minum air putih dibandingkan minuman berkalori, makanan kaya air juga jauh lebih sehat dan mengenyangkan untuk memangkas asupan kalori.”

Sumber bahan makanan degan kadar ait tertinggi bisa di dapatkan dari buha-buahan, sayuran, kaldu pada sup, oatmeal dan kacang-kacangan. Kadar airnya yang tinggi pastilah akan membuat kenyang lebih lama.

Advertisement

Selain itu, air juga dikatakan dapat mencegah mabuk. Minuman beralkohol yang bisa membuat dehidrasi bisa diatasi dengan minum beberapa gelas air putih beberapa saat sebelum mulai meminum bir atau wine. Jika hendak melalukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang, Anda juga bisa minum air putih sebelumnya untuk mencegah mual berlebih.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif