Lifestyle
Selasa, 26 Maret 2013 - 12:55 WIB

TIPS SERANGAN JANTUNG: Awas, Tips Atasi Serangan Jantung dengan Cara Batuk Itu Palsu!

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan jantung (medicalnewstoday.com)

Ilustrasi (medicalnewstoday.com)

SOLO – Saat ini banyak beredar broadcast pesan lewat BlackBerry Messenger (BBM) atau media lain soal tips mengatasi serangan jantung, di mana orang yang sedang mengalami gejala-gejalanya seperti dada sakit, pegal di tangan dan rasa kaku di dagu diminta batuk-batuk dan menghela nafas berulang kali. Ternyata, tips tersebut palsu!
Advertisement

Tips ini jadi populer saat presenter Ricky Johannes alias Ricky Jo yang masih berusia relatif muda meninggal dunia mendadak akibat serangan jantung.

Tips tersebut, yang mengklaim berasal dari tulisan di jurnal kesehatan Rochester General Hospital, dan disebarkan secara berantai di internet dan berbagai media komunikasi seperti BBM atau Twitter sudah dibantah oleh lembaga pelayanan kesehatan publik Rochester General Health System dalam situsnya, http://www.rochestergeneral.org. Menurut lembaga tersebut, artikel seperti itu sama sekali tidak ada di jurnal yang dimaksud dan juga tidak memiliki dasar rujukan medis yang memadai. Tulisan itu juga sama sekali bukan merupakan produk dari staf di lembaga atau rumah sakit tersebut.

Rochester General Health System juga menegaskan bahwa lembaga pelayanan pasien jantung The Mended Hearts, Inc dam Asosiasi Jantung Amerika sudah menyatakan bahwa informasi ini sebaiknya tidak lagi terus disebarkan karena menyesatkan.

Advertisement

Tips yang beredar luas itu aslinya dalam bahasa Inggris berjudul How to Survive Heart Attack When Alone atau Bagaimana Selamat dari Serangan Jantung Saat Sendirian. Dalam tips tersebut dijelaskan teknik yang disebut sebagai cough CPR atau resusitasi jantung dengan cara batuk. Berikut ini bunyi tips tersebut dalam versi bahasa Indonesia yang banyak disebarkan di berbagai grup BBM.

PERTOLONGAN PERTAMA JIKA TERJADI SERANGAN JANTUNG
(Belajar dr meninggalnya Ricky Joe, 43th- dua hari yl)
*Setelah Anda sibuk kerja seharian dan sedang dlm perjalanan pulang dgn mengendarai mobil sendirian. Tiba2 Anda merasakan sakit yg sangat di dada & mulai menjalar ke lengan, dagu. Tapi jarak ke RS yg terdekat kira2 masih 5km, lebih celakanya lagi, Anda tdk tahu, apakah Anda mampu bertahan sampai sejauh itu?

Saat sendirian, kena serangan jantung, bagaimana cara pertolongan pertamanya?
Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai waktu 10 detik utk selamat dari maut. Setelah itu akan hilang kesadaran & pingsan.

Advertisement

Jika sekitarnya tdk ada org memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan 10 detik yg singkat ??ini berusaha utk menolong dirinya sendiri.

Harus bagaimana? APA YG HARUS KITA LAKUKAN?
Jawabannya:
1. Jangan panik,
2. Berusaha berbatuk terus sekuat tenaga.
3. Setiap kali sebelum batuk, hrs tarik nafas sedalam2nya dan berbatuk sekuat2nya, seperti hendak mengeluarkan dahak yg berada dlm dada.
4. Setiap selang 2 detik, Anda hrs tarik nafas & berbatuk lagi, hingga pertolongan tiba atau kalau merasa denyut jantung ??sudah normal, silahkan istirahat dl.

Tujuan TARIK NAFAS adalah utk memasukkan Oxygen ke dalam paru2.
Tujuan BATUK adalah utk menekan jantung agar aliran darah bersikulasi.

Pertolongan pertama cara ini dimaksud, agar penderita mempunyai kesempatan utk ke Rumah Sakit.
Info by:
[article published on No. 20 of Journal of General Hospital Rochester]
NB: Jangan fikir jika berumur kurang dari 30th tidak mungkin terkena serangan jantung! Siapa tahu dengan menyebarluaskan info ini Anda menyelamatkan 1 nyawa.*. Ajal memang urusannya Allah, tapi kewajiban kita untuk berusaha dan ihtiar utk sehat dan selamat dari maut, semaksimal kita mampu*

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif