Peluncuran Toyota Agya Masih Tentatif

Toyota AgyaToyota Agya saat dipamerkan di salah satu mal di Solo beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO — Peluncuran low cost green car (LCGC) Toyota Agya masih tentatif. Kendati demikian, diler pemegang resmi merek Toyota, PT Nasmoco, mengaku optimistis produk mobil low cost green car (LCGC) Toyota Agya dapat diluncurkan pada Juni 2013.

Operation Manager Wilayah Selatan Nasmoco Group, Agus Partono mengatakan mobil compact entry tersebut saat ini masih menunggu regulasi LCGC dari pemerintah. Rekomendasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah dikantongi. Proses legalitas lain juga masih berjalan. Berdasarkan data dari Toyota Motor Corporation, pihaknya optimistis produk tersebut seharusnya dapat dilaksanakan pada Juni mendatang.

“Mobil ini sudah banyak yang menanti. Apalagi produksi mobil ini murni Indonesia. Toyota Agya ini juga akan dipasarkan di Asia Pasifik,” ujarnya saat ditemui Solopos.com. Agus menjelaskan animo publik untuk memiliki Toyota Agya ini cukup tinggi. Outstanding Toyota Agya di Jawa Tengah dan DIY saat ini mencapai 3.000 unit.

Kepala Cabang Nasmoco Hendra Tjandrawan mengatakan 50% pemesan Toyota Agya sudah berpindah ke Etios Valco. Hingga Februari 2013, inden Toyota Agya mencapai 298 unit. Pihaknya berharap regulasi dari pemerintah dapat segera bergulir untuk meredam konsumen yang kadung kelamaan menunggu hadirnya mobil ini. “Banyak yang pindah ke Etios Valco. Ada juga yang pindah ke Toyota Avanza,” ujarnya.

Agus kembali menyampaikan bahwa sebenarnya produk tersebut sudah siap didistribusikan. Toyota Astra Motor sudah menyiapkan karyawan dan pabrik untuk memproduksi Toyota Agya. Namun, ia enggan merinci berapa kapasitas total produksi mobil tersebut.

Seperti diketahui, program LCGC ini sebenarnya molor dari prediksi pada jadwalnya yang digembar-gemborkan terwujud pada tahun 2012 lalu. Mobil compact entry ini menggunakan mesin 1.000 cc.

Editor: | dalam: Roda 4 |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »