Lifestyle
Minggu, 24 Maret 2013 - 09:45 WIB

RICKY JO MENINGGAL DUNIA: Ini Dia Penyebab Penyakit Jantung

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ricky Jo (Twitter)

Ricky Jo (Twitter)

JAKARTA–Presenter sepak bola terkenal yang juga vokalis grup Jazz 1980-an Emerald, Ricky Johannes yang akrab disapa Ricky Jo, meninggal dunia Jumat (22/3/2013) sore kemarin setelah mendapat serangan jantung.

Advertisement

Keluarga dan sahabat-sahabatnya mengungkapkan Ricky tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Sebelum ini presenter bola RCTI selalu tampil bugar dan aktif berolahraga, bahkan menjadi pengurus teras organisasi futsal.

Apa sebenarnya serangan jantung yang merenggut tiba-tiba jiwa Ricky Jo itu?

Advertisement

Apa sebenarnya serangan jantung yang merenggut tiba-tiba jiwa Ricky Jo itu?

Berikut, sekelumit penjelasan mengenai serangan jantung dari laman National Heart, Lung and Blood Institute, Amerika Serikat.

Penyakit jantung koroner

Advertisement

CHD sendiri adalah kondisi di mana substansi lunak yang dikenal sebagai plak menumpuk dalam arteri koroner. Arteri (pembuluh nadi) ini memasok darah kaya oksigen ke jantung.

Ketika plak ini menumpuk dalam arteri, maka tercipta kondisi yang dinamai ateroklerosis (radang pembuluh darah). Tumpukan plak ini tercipta selama bertahun-tahun.

Akhirnya, area plak pecah (terbuka) dalam arteri. Ini menciptakan bekuan darah yang terbentuk di atas permukaan plak. Jika bekuan darah ini melebar, maka akan sama sekali menghalangi aliran darah ke arteri koroner.

Advertisement

Jika aliran darah terhalang ini tidak cepat ditangani, maka bagian dari otot jantung yang dihidupkan oleh arteri, terhenti.

Jaringan jantung yang sehat digantikan oleh jaringan yang rusak. Kerusakan jantung seperti ini mungkin tidak kentara atau malah menyebabkan kondisi parah yang berkepanjangan.

Kejang arteri koroner

Advertisement

Penyebab lainnya serangan jantung adalah kejang-kejang akut pada arteri koroner. Kejang-kejang ini memutus aliran darah melalui arteri.

Kejang-kejang bisa terjadi pada ateri koroner yang tidak disebabkan oleh aterosklerosis.

Kejang-kejang bisa berkaitan dengan:

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif