Solopos-fm
Rabu, 20 Maret 2013 - 07:40 WIB

Kuliner Indonesia go international

Redaksi Solopos.com  /  Ariyanto Mahardika  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Semur Jengkol (disparbud.jabarprov.go.id)

Semur Jengkol (disparbud.jabarprov.go.id)

[SPFM], Membicarakan tentang kuliner Indonesia, memang tak pernah ada habisnya. Indonesia dikenal kaya akan makanan yang enak. Bahkan rendang, sate dan nasi goreng masuk dalam jajaran makanan terenak didunia versi CNN. Kini kuliner Indonesia juga dijadikan salah satu bahan diplomasi dengan Negara lain. Artinya hidangan itu disertakan dalam setiap promosi pariwisata termasuk acara perjamuan makan internasional yang diselenggarakan untuk kepentingan diplomasi.

Advertisement

Tak kurang 30 kuliner masuk sebagai hidangan yang disajikan untuk tamu-tamu asing Negara. Makanan-makanan itu antara lain Orak-Arik Buncis Solo, Pindang Patin Palembang, Nasi Liwet Solo, Laksa Bogor, Kunyit Asam Solo, dan masih banyak lagi. Masing-masing makanan dan minuman tersebut memang memiliki rasa yang khas dan mencerminkan kekayaan kuliner nusantara yang beragam. Dari situ timbul harapan bahwa makanan Indonesia akan makin banyak dikenal diluar negeri dan makin digemari bukan hanya oleh warga kita yang tinggal di negeri orang, namun juga para warga asing.

Nah, kira-kira makanan khas Indonesia apa sih yang layak go International? Ternyata tanggapan pendengar SOLOPOS FM amat beragam, mulai dari makanan rumahan sampai makanan yang amat dikenal di daerah. Beberapa diantaranya menyebut Gudeg plus sambal khas Yogyakarta, seperti pemilik akun facebook, Momoow Yaquti, Antari Mamana Shella dan Aji. Sementara pemilik akun Nugroho Ari Murjanto menyebut Nasi Bandeng yang selama ini umum dijual di HIK atau angkringan. Lain lagi pendapat pendengar SOLOPOS FM bernama Endah di Banyuagung yang menilai Nasi Kuning sebagai makanan yang layak go international. Sedangkan Atok di Boyolali menilai Nasi Liwet dan Oseng-Oseng Mercon adalah makanan yang patut diperkenalkan ke luar negeri. Uniknya, ada juga yang menyebut makanan yang menghasilkan aroma khas usai disantap yakni Semur Jengkol dan Sambel Pete sebagai makanan yang bisa mendunia. Terkait kelezatan dua jenis makanan terakhir itu, bahkan Pierre Bouvier sang vokalis Simple Plan pun mengakuinya. [SPFM/dtp]    

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif