JELANG INDONESIA VS ARAB SAUDI
RD Fokus Skuat Inti

Rahmad Darmawan (RD) saat memimpin latihan. Pelatih Arema Cronous Indonesia ini resmi memimpin latihan Timnas Indonesia, yang diproyeksikan menghadapi kualifikasi Piala Asia 2015, di Gelora Umum Bung Karno, Senin (18/3/2013). (dokJIBI/SOLOPOS/Antara)Rahmad Darmawan (RD) saat memimpin latihan. Pelatih Arema Cronous Indonesia ini resmi memimpin latihan Timnas Indonesia, yang diproyeksikan menghadapi kualifikasi Piala Asia 2015, di Gelora Umum Bung Karno, Senin (18/3/2013). (dokJIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA–Pelatih Timnas Rahmad Darmawan yang biasa dipanggil RD langsung fokus menyiapkan skuat inti yang dipersiapkan untuk menghadapi Arab Saudi pada Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/3/2013).

Pengganti Luis Manuel Blanco mengaku hanya mempunyai waktu singkat untuk mendapatkan tim inti karena saat ini masih melakukan seleksi pada 58 pemain terbaik yang dipanggil Badan Tim Nasional (BTN).

“Pemain yang ada cukup banyak dan kualitasnya merata. Akan tetapi jajaran pelatih harus secepatanya menentukan pemain inti untuk menghadapi Arab Saudi,” kata Rahmad Darmawan (RD) usai memimpin latihan Timnas di Lapangan C Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2013).

Menurut dia, menetukan tim inti bukan perkara muda. Namun, pihaknya akan bergerak cepat dengan memaksimalkan kemampuan pemain yang saat ini menjalani pelatnas. ”Praktis kita hanya punya waktu tiga hari saja,” kata Pelatih Klub Arema Indonesia.

Mantan Pelatih Klub Sriwijaya FC itu menegaskan, guna mendapatkan pemain yang diinginkan, pihaknya langsung melakukan games yang salah satu tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan kualitas pemain.

Dalam latihan perdana ini pelatih yang rencananya berduet dengan Jacksen F. Tiago membagi pemain yang ada dalam lima kelompok dan selanjutnya diadu satu dengan kelompok. Suasana akrab pun sangat terlihat dibandingkan dengan latihan-latihan sebelumnya.

Sebanyak 58 pemain yang menjalani pelatnas itu, di antaranya adalah Sergio van Dijk, Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Diego Michiels, Stefano Lilipaly, Kurnia Meiga, M. Roby, Zukifli Syukur, Firman Utina, Egi Melgiansyah, Ferinando Pahabol, Patrich Wanggai, dan Boaz Salossa.

Dalam latihan tadi tidak tampak Luis Manuel Blanco bersama jajaran pelatih bawaannya. Yang nampak justru manajer Timnas saat menghadapi Irak, yaitu Mesak Manibor serta beberapa mantan pemain Timnas.

Latihan Timnas sejak ditangani oleh Rahmad Darmawan membuat iklim seleksi lebih lebih ketat. Begitu juga dengan penonton yang merupakan pendukung setia Timnas. Mereka terus memberikan dukungan dari pinggir lapangan. Kondisi ini hampir sama saat Piala AFF 2010.

Masyarakat juga banyak yang ikut berkomentar saat pemain-pemain idolannya membawa bola. Mereka menilai yang mengikuti seleksi Timnas untuk PPA 2015 adalah pemain-pemain terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

“Yang ini baru Timnas. Kami berharap mereka mampu mempersembahkan hasil terbaik,” kata salah satu penonton latihan timnas, Hendra Setiawan.

Pernyataan masyarakat ini bukan tanpa alasan karena dalam dua tahun terakhir persepakbolaan nasional dirundung kemelut yang berkepanjangan. Dampaknya prestasi Timnas sulit berkembang meski banyak memiliki pemain potensial.

Editor: | dalam: Indonesia |
Menarik Juga »