Pilkada
Minggu, 17 Maret 2013 - 16:56 WIB

PILGUB JAWA TENGAH: Jokowi "Kalahkan" Ganjar

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon Gubernur Jawa Tengah dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, bersama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menikmati pagi di car free day Jl Slamet Riyadi, Minggu (17/3/2013). (Chrisna Chanis Cara/JIBI/SOLOPOS)

Calon Gubernur Jawa Tengah dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, bersama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menikmati pagi di car free day Jl Slamet Riyadi, Minggu (17/3/2013). (Chrisna Chanis Cara/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Gubernur DKI Jakarta yang sebelumnya mantan Walikot Solo, Joko Widodo (Jokowi) menjadi bintang di  car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (17/3/2013) pagi. Mengenakan kemeja putih dipadu celana bahan warna hitam, kehadiran mantan Walikota Solo ini bak sebuah kejutan.

Advertisement

Tak hanya bersalaman, warga pun ingin foto bersama hingga cium tangan. “Ya mangga foto-foto. Satu-satu,“ ujar Jokowi dengan senyum khasnya.

Pagi itu Jokowi tak sendiri. Gubernur DKI Jakarta ini menikmati pagi bersama calon gubernur Jawa Tengah dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo. Tak jauh beda dengan penampilan di CFD pekan lalu, Ganjar konsisten mengenakan kaus band rock tenar.

Kali ini, kaus Led Zeppelin warna hitam jadi pilihan. Pagi itu kedua figur ini praktis menjadi bintang di CFD. Mulai anak-anak hingga orangtua berebut mengabadikan diri dengan mereka. Panitia yang menggelar acara di CFD pun ikut sumringah.

Advertisement

Beberapa acara seperti Mengenang Gesang, kampanye Earth Hour dan kampanye anti kekerasan remaja ikut disambangi Ganjar-Jokowi. “Kangen dengan Pak Jokowi. Akhirnya tadi bisa foto,” ujar Sri Rahayu, 27, warga Sondakan, Laweyan.

Meski popularitasnya di kancah nasional tak diragukan lagi, Ganjar tetap kalah tenar dibanding Jokowi di Solo. Mayoritas warga memilih mendekati Jokowi untuk sekadar bersalaman. Sampai suatu saat Jokowi pun berkelakar. “Sudah, sudah, giliran yang sebelah saya ini dong yang disalami,” katanya.

Sejumlah peristiwa unik mengiringi hadirnya kedua tokoh pagi itu. Salah satunya dari beberapa warga yang mengira Ganjar adalah wakil gubernur DKI. Sejumlah warga pun kedapatan salah menyebutkan nama Ganjar Pranowo. “Mau foto sama Pak Ginanjar Prabowo dulu. Cakep sih,” ujar Lani, 25, warga Jebres.

Advertisement

Diwawancara di sela-sela perjalanan, kedua figur ini kompak mengelak kegiatan itu dikaitkan kampanye. Jokowi bahkan mengaku tak merencanakan bertemu dengan Ganjar pagi itu.

“Saya ke Solo mau meresmikan Bank DKI. Terus tadi ditelepon Mas Ganjar diajak jalan-jalan ke sini,” tuturnya. Hal senada dikatakan Ganjar. Sebagai sesama kader partai, sudah sewajarnya bersikap rukun. “Ini soal kekancan (pertemanan) saja,” ucapnya.

Ganjar mengaku mengagumi sosok Jokowi dan akan mengadopsi sejumlah strategi kampanye Jokowi untuk diterapkan di pilgub. Termasuk di antaranya blusukan ke kampung-kampung. “Kalau Pak Jokowi di Jakarta masih bisa blusukan. Kalau saya nanti bukan blusukan, tapi menjelajah,” ulasnya.

Membalas pujian Ganjar, Jokowi menilai Ganjar adalah salah satu kader terbaik yang dimiliki partai. Ia yakin Ganjar mampu memenangi pilgub Jateng. “Mas Ganjar itu tokoh muda, berani dan bersih. Bersih itu yang penting.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif