Soloraya
Sabtu, 16 Maret 2013 - 01:34 WIB

OPTIMALISASI LAHAN: 20 Desa di Sukoharjo Peroleh Bantuan Rp940 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO — Sebanyak 20 Desa di Kabupaten Sukoharjo akan diberi bantuan optimalisasi lahan pekarangan dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Pusat senilai Rp940 juta. Masing-masing kelompok yang dibentuk desa akan menerima bantuan Rp47 juta.

Kelompok yang dibentuk di tingkat desa minimal terdiri dari 30 orang. Sedangkan besaran alokasi dana bantuan, Rp30 juta dimanfaatkan untuk pemanfaatan lahan pekarangan, Rp12 juta digunakan untuk kebun bibit, Rp3 juta diberikan untuk pembuatan kebun sekolah terdekat dan Rp2 juta digunakan untuk sarana prasarana dan pengelolaan pangan.

Advertisement

Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sukoharjo, Joko Harseno, ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (15/3/2013), menjelaskan pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk menekan kebutuhan konsumsi beras dan gandum. Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian warga penerima bantuan.

“Sasaran utamanya menekan angka konsumsi beras dan gandum karena setiap tahun kebutuhan kita semakin meningkat. Nantinya bukan hanya makanan karbohidrat komoditas pangan saja, namun diharapkan juga ada pemenuhan kebutuhan protein dan kebutuhan konsumsi rumah tangga lainnya. Jadi ada kolam, kandang atau menanam sayuran,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif