Lifestyle
Jumat, 15 Maret 2013 - 06:52 WIB

Pasien Ini Hidup dengan 75% Tengkorak Buatan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tengkorak buatan (dok Dailymail)

Tengkorak buatan (dok Dailymail)

JAKARTA--Seorang pasien di Amerika hidup dengan 75 persen bagian tengkoraknya telah diganti dengan implan cetak-3D.

Advertisement

Temuan baru ini diharapkan dapat membantu pasien lainnya dengan kerusakan tulang di bagian tubuh lain.

Kepala pasien asal Amerika yang tidak disebutkan namanya ini dipindai oleh peneliti di Oxford Performance Materials, Connecticut, AS, yang kemudian digunakan untuk mencetak ‘kap’ pengganti yang akan ditanamkan ke tulang tengkoraknya.

Dalam persiapan untuk transplantasi, pada ilmuwan mengambil hasil pindai model digital dari tengkorak pasien dan ‘mencetak’ versi baru lapis demi lapis. Implan custom made, yang terbuat dari polyetherketoneketone, kemudian dapat diproduksi untuk pasien dalam waktu dua minggu.

Advertisement

Tim yang menciptakan implan buatan tersebut percaya bahwa hal ini juga dapat digunakan untuk mengganti tulang tengkorak pasien lain yang rusak karena penyakit atau trauma tertentu. Misalnya, implan buatan ini dapat digunakan pada pasien kanker, korban kecelakaan mobil atau tentara yang terluka.

“Perusahaan kami percaya bahwa platform transformatif dan berteknologi tinggi ini akan memberikan pengaruh yang substansial pada semua sektor industri ortopedi,” jelas Scott DeFelice, presiden Oxford Performance Materials, seperti dilansir Dailymail, Kamis (14/3/2013).

Menurut DeFelice, perusahannya kini sedang bergerak secara sistematis agar dapat menciptakan implan untuk seluruh tubuh dan berupaya memberikan hasil yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah untuk pasien dan penyedia layanan kesehatan.

Advertisement

Oxford Performance Materials siap menjual implan cetak-3D ke luar negeri, tetapi FDA Amerika Serikat hanya dapat memberi izin untuk implan yang akan digunakan dalam operasi di Amerika.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif