Lifestyle
Selasa, 12 Maret 2013 - 07:58 WIB

Semangka Dapat Tingkatkan Kesehatan Jantung

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Semangka (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Semangka (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Saat tidur, ion tubuh berkurang. Karena itu sangat penting di pagi hari mengonsumsi banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Seperti makan semangka yang kaya air dan vitamin untuk jantung sehat dan tubuh langsing.

Advertisement

Buah berukuran besar dengan kulit luar berwarna hijau dan daging buahnya merah ini termasuk dalam kelompok labu-labuan. Semangka rasanya manis saat daging buah sudah berwarna merah gelap dan sangat segar dinikmati saat cuaca terik.

Semangka kaya akan elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh. Selain itu buah yang berasal dari Afrika Selatan ini kaya akan antioksidan seperti Vitamin A dan C.

Warna merah khas semangka datang dari nutrisi bernama lycopene. Berdasarkan pengukuran kandungan lycopene dalam semangka jauh lebih banyak daripada yang ada di tomat.

Advertisement

Lycopene terbukti penting untuk meningkatkan penglihatan saat usia lanjut, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker. Selain itu, senyawa ini dikenal bisa meningkatkan gairah seks dan meningkatkan kesuburan.

Konsumsi semangka saat sarapan menjadi salah satu pilihan rendah kalori. Seratus gram potongan semangka hanya mengandung 40-50 kalori.

 

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif