Lifestyle
Selasa, 12 Maret 2013 - 08:28 WIB

Cegah Diabetes dan Kolesterol Tinggi dengan Tomat

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Buah tomat yang bertekstur lunak mengandung banyak air. Tomat bisa dikonsumsi sebagai pengganti buah lainnya di pagi hari, untuk membantu mengontrol kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung.

Advertisement

Tomat sangat baik dikonsumsi segar atau bisa juga menjadi pilihan buah di pagi hari, sebagai pendamping menu sarapan. Karena khasiatnya yang banyak, tomatpun dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Kandungan lycopene dalam buah ini merupakan phytonutrien yang diyakini bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker penkreas. Menurut WHFoods, tomat juga ampuh mencegah penyakit jatung.

Stiap 100 gran tomat mengandung sekitar 58 persen vitamin C. Vitamin ini dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi dan menjaga kesehatan jaringan ikat. Selian itu, kandungan vitamin C ini dapat menghaluskan kulit dan mengurangi stres akibat bekerja.

Advertisement

Sedangkan kandungan vitamin A-nya dapat menjaga kesehatan mata. Juga menjaga sistem kekebalan tubuh. Tomat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita hipertensi dan diabetes karena sumber seratnya dapat menjaga kolesterol dan kadar gula darah.

Jika bosan dimakan segar, olah tomat menjadi pure, atau jadikan isian burger dan sandwich. Nah jika suka dengan jus, jus tomat yang segar tanpa gula bisa jadi alternatif menu sarapan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif