Soloraya
Senin, 11 Maret 2013 - 06:43 WIB

Hari ini Tawur Agung di Candi Prambanan, Menag & Gubernur Jateng Dijadwalkan Hadir

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah umat Hindu berjalan dengan membawa sesaji dalam acara Tawur Agung Kasanga untuk merayakan Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan, Yogyakarta. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Sejumlah umat Hindu berjalan dengan membawa sesaji dalam acara Tawur Agung Kasanga untuk merayakan Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan, Yogyakarta. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Ribuan umat hindu dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan DIY akan mengikuti ritual Tawur Agung Sasih Kesanga yang menjadi puncak acara peringatan Nyepi di komples Taman Wisata Candi Prambanan, Senin (11/3/2013).
Wakil Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Klaten, I Wayan Sahupi Artha, mengatakan sekitar 16.000 umat Hindu asal Klaten akan bergabung dengan umat Hindu asal DIY.
Menurutnya, ritual Tawur Agung Sasih Kesanga akan mulai dengan kegiatan pengitaran candi dengan air suci, pembagian air suci. Di sela-sela acara akan diadakan pementasan tari ogoh-ogoh. “Menteri Agama, Suryadharma Ali; Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo dan Dirjen Bimas Hindu, Ida Bagus Gde Yudha Triguna dijadwalkan hadir dalam Tawur Agung tersebut,” kata Wayan kepada Solopos.com, Minggu (10/3/2013).

Pada Selasa (12/3), umat Hindu akan melaksanakan ritual Catur Brata selama 24 jam. Catur Brata itu meliputi mati karya atau tidak bekerja, mati lelungan atau tidak bepergian, mati geni atau tidak menyalakan lampu, dan mati lelanguan atau tidak mencari hiburan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif