Soloraya
Jumat, 8 Maret 2013 - 12:38 WIB

Terod Lepas, Bus Jurusan Wonogiri-Solo Terperosok

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI–Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Al-Amin jurusan Wonogiri-Solo terperosok di selokan yang ada di tepi ruas jalan Pracimantoro-Wonogiri, Jumat (8/3/2013).

Diduga, saat di tikungan, bus tidak bisa membelok karena terod atau kendali ban roda depan lepas.

Advertisement

Bus dengan nomor polisi AD 1403 DG  yang dikemudikan Guntur Tejo Cahyono, 50, warga Godang RT 001/RW 001 Pracimantoro itu masuk selokan karena kemudi tidak bisa dikendalikan.

“Sopir mengemudikan bus dari Pracimantoro menuju Solo. Sampai di tikungan di Dusun Gunung Wijil, Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, mendadak terod terlepas. Roda depan tidak bisa diarahkan sehingga bus keluar jalur dan terperosok selokan di tepi jalan raya,” kata Kanitlaka Lantas, Iptu Surono, saat ditemui wartawan di lokasi, Jumat.

Menurut informasi yang ia peroleh dari warga setempat, kejadian itu terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Ia menambahkan bus tersebut membawa delapan orang penumpang. Awak bus dan penumpang tidak ada yang terluka. Penumpang lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus lain yang melalui jalur tersebut.

Advertisement

“Evakuasi bodi bus masih menunggu truk datang untuk menariknya dari bagian belakang. Apabila tidak kuat, terpaksa kami mendatangkan mobil crane untuk mengangkat bodi bus,” ujarnya.

Warga sekitar, Wasino, 51, membenarkan kejadian itu diakibatkan terod di bus Al-Amin yang terlepas.

Terpisah, Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Sugiyatmo, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani, mengatakan dugaan sementara akibat terod yang terlepas. Tapi, pihaknya akan mengecek lebih lanjut.

Advertisement

“Kejadian ini kali ketiga bus Al-Amin kecelakaan. Sebelumnya di Nguter, Sukoharjo dan Desa Sendang, Wonogiri. Dalam waktu dekat kami akan mengundang pemilik bus dan akan kami bina agar lebih berhati-hati,” katanya, Jumat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif