News
Jumat, 8 Maret 2013 - 16:54 WIB

SNMPTN 2013: 534 Sekolah di Jateng Belum Beri Rekomendasi ke Siswa

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO  —  Hingga hari terakhir pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, Jumat (8/3/2013), masih ada 534 sekolah di Jawa Tengah (Jateng) yang belum memberikan rekomendasi kepada ribuan siswa.

Akibatnya, panitia SNMPTN 2013 UNS harus menghubungi ratusan kepala sekolah (kasek) yang belum memberikan rekomendasi. Ketua SNMPTN 2013 UNS, Sutarno, mengungkapkan 534 sekolah itu dihubungi oleh empat perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Jateng.

Advertisement

“Keempat PTN itu adalah UNS, Undip [Universitas Diponegoro] Semarang, Unnes [Universitas Negeri Semarang] Semarang dan Unsoed [Universitas Jenderal Soedirman] Purwokerto,” jelas Sutarno saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat.

UNS sendiri berkewajiban menghubungi ratusan sekolah yang menjadi wilayah sosialisasinya, yakni eks Karesidenan Surakarta, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. Data itu berdasarkan faksimil yang diterimanya dari pusat pada pukul 10.08 WIB, Jumat.
“Antara sekolah satu dengan yang lain itu berbeda-beda, ada yang kurang memberikan rekomendasi 10 persen, bahkan ada banyak yang 100 persen,” katanya.

Dia mengatakan di Solo sendiri ada puluhan sekolah yang belum melakukan rekomendasi. Namun, dia enggan untuk menyebutkan sekolah mana saja yang belum memberikan rekomendasi. Dia menduga, sekolah tidak tahu atau lupa mengenai sekolah yang wajib melakukan rekomendasi terhadap siswa yang telah mendaftar SNMPTN 2013.

Advertisement

Padahal, panitia SNMPTN UNS mengaku sudah memberikan penjelasan terkait hal itu saat sosialisasi kepada ratusan sekolah. Meski demikian, dia optimistis jumlah sekolah yang belum memberikan rekomendasi akan berkurang menjelang penutupan pendaftaran SNMPTN 2013 pada pukul 22.00 WIB.

Hingga Jumat, jumlah pendaftar di UNS baik pilihan I maupun II mencapai  81.197 peminat. Dari jumlah itu, ada 45.128 peminat yang mendaftarkan di UNS sebagai pilihan pertama. Dari 45.128 peminat, 42.912 peminat di antaranya sudah mendapatkan rekomendasi. Artinya, masih ada 2.216 peminat yang belum mendapatkan rekomendasi dari sekolah.

Dia menegaskan peminat yang sudah mendaftarkan diri tapi belum mendapatkan rekomendasi dari sekolah, maka tidak bisa mencetak kartu sebagai tanda pendaftar SNMPTN. Menurutnya, sekolah yang belum memberikan rekomendasi itu kemungkinan ragu karena pilihan siswa dinilai kurang sesuai dengan kemampuannya. Dia juga mengaku tidak mungkin apabila kuota pada satu prodi diisi dari siswa yang berasal dari sekolah yang sama.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif