Meditasi 15 Menit Ampuh Redakan Sakit Leher

Ilustrasi (Thinkstock) Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

PHILADELPHIA--Bagi para pekerja kantoran, penyebab sakit leher ada banyak sekali mulai dari posisi duduk yang tidak nyaman hingga yang paling umum yakni karena stres. Untungnya, ada cara mudah untuk mengatasinya yakni meditasi selama 15 menit.

Sebuah penelitian di Jurnal Brain menegaskan stres membuat orang kehilangan toleransi terhadap rasa nyeri. Makin tinggi kadar kortisol atau hormon stres di air liurnya, makin tinggi pula aktivitas otak di bagian pusat penerimaan rangsang nyeri.

Meningkatnya aktivitas otan di bagian tersebut membuat seseorang lebih sensitif terhadap rasa nyeri. Misalnya sama-sama duduk berjam-jam di depan komputer, nyeri leher akan lebih mudah menyerang karyawan yang stres daripada yang merasa baik-baik saja.

Sementara itu, penelitian lain di Thomas Jefferson University, AS, menunjukkan bahwa rasa nyeri akibat stres bisa ditangkal dengan cara yang sangat mudah yakni meditasi. Tidak butuh waktu berjam-jam untuk melakukannya, cukup meluangkan 15 menit saja.

Menurut penelitian tersebut, meditasi selama 15 menit bisa menurunkan level stres sebanyak 25 persen. Dikutip dari Mesnhealth.com, Kamis (7/3/2013), keluhan nyeri leher pada 56 persen responden yang mengalami stres juga berkurang atau bahkan hilang sama sekali berkat latihan meditasi ini.

Dalam penelitian ini, para partisipan melakukan meditasi setiap hari dalam delapan pekan, masing-masing selama 15 menit saja. Bentuk meditasinya bermacam-macam, bisa dengan mendengarkan denyut jantungnya sendiri atau bisa juga dengan latihan yoga.

Stres itu sendiri tidak hanya meningkatkan sensitivitas terhadap rasa nyeri. Penelitian juga mengungkap bahwa stres bisa meningkatkan nafsu makan sehingga lebih berisiko gemuk. Bagi yang berminat, boleh juga mencoba meditasi untuk menahan lapar.

Editor: | dalam: Kesehatan |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »