Soloraya
Jumat, 8 Maret 2013 - 21:31 WIB

Anggaran Beasiswa Sintawati Naik 123%

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

SRAGEN – Alokasi dana untuk beasiswa Sintawati naik 123% pada tahun ini. Selain digunakan untuk membantu biaya kuliah mahasiswa yang telah terdaftar sebelumnya, dana tersebut juga disalurkan bagi mahasiswa yang baru mendaftar.
Advertisement

Kepala Unit Pelayanan terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen, Suyadi, mengatakan tahun ini, dana yang disediakan untuk Beasiswa Sintawati mencapai Rp447,2 juta. Tahun lalu, alokasi dana hanya Rp200 juta. “Rincian pembagiannya, Rp200 juta untuk membiayai 30 mahasiswa dari keluarga miskin yang telah terdaftar tetapi belum lulus kuliah. Rp247,2 juta untuk calon mahasiswa atau mahasiswa lain dari keluarga miskin yang baru mendaftar beasiswa sintawati pada tahun ini,” paparnya kepada Solopos.com.

Hingga saat ini, lanjut dia, sudah ada 38 pendaftar baru program Beasiswa Sintawati. Seluruh rangkaian pendaftaran akan ditutup 31 Agustus mendatang. Jika seluruh pendaftar tahun ini adalah mahaiswa lama (semester III keatas), akan diambil 34 penerima beasiswa. Sementara itu, jika semua pendaftar merupakan mahasiswa baru, pihaknya bakal menetapkan 68 penerima beasiswa. Jika kuota belum terpenuhi, UPTPK tetap akan mengambil penerima dari pendaftar yang tergolong hampir miskin.

Dia kembali menegaskan, beasiswa Sintawati hanya diperuntukkan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa dari keluarga miskin. Calon pendaftar program ini diharapkan tidak memanipulasi data keluarga agar yang bersangkutan lolos seleksi.

Advertisement

Menurutnya, tim UPTPK pernah menemukan adanya kejanggalan saat melakukan verivikasi di ke alamat pendaftar. Calon yang didaftarkan ternyata bukan berasal dari keluarga miskin. “Sejak saat itu sudah kami coret permohonannya. Selain itu kami juga tidak memperbolahkan calon pendaftar yang memiliki tato atau tindik. Tujuannya untuk pembentukan karakter,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif